Tanda dan Gejala Kanker Serviks Yang Wajib Dikenali Para Wanita

bet.com

Kanker Serviks | bet.com

Kanker serviks (cervical cancer) atau kanker mulut rahim merupakan kanker pembunuh nomor 1 perempuan di dunia. Kanker ini merupakan kanker yang tersering dijumpai di indonesia baik di antara kanker pada perempuan maupun pada semua jenis kanker. Ribuan kasus kanker serviks yang ditemukan, berakhir dengan kematian.

Sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) risiko tinggi. Ada dua tipe HPV yang dikenal sebagai penyebab 70% dari keseluruhan kasus kanker serviks yakni hpv tipe 16 dan 18. Infeksi HPV tipe ini tidak menimbulkan gejala, sehingga banyak wanita tidak menyadari bahwa mereka sudah terinfeksi.

Pada stadium awal, kanker leher rahim sering tidak menimbulkan gejala atau tanda yang khas, bahkan tidak ada gejala sama sekali. Pada kebanyakan kasus kanker serviks gejala baru muncul setelah kanker memasuki stadium lanjut. Itulah sebabnya sangat penting bagi perempuan terutama yang sudah melakukan aktivitas seksual untuk melakukan skrining (deteksi dini) kanker serviks.

Tanda kanker serviks yang paling sering muncul

  • Perdarahan yang tidak normal

Perdarahan dari vagina yang tidak normal. Tanda ini umumnya adalah tanda pertama yang dikenali dari kanker serviks. Keluarnya darah dari vagina di waktu-waktu yang tidak umum misalnya setelah melakukan hubungan seksual, perdarahan setelah menopause, perdarahan di luar siklus menstruasi, atau memiliki durasi menstruasi yang lebih panjang atau perdarahan lebih banyak dari biasanya.

Adanya cairan yang tidak normal keluar dari vagina) di luar siklus menstruasi atau setelah menopause. Cairan ini mungkin berbau, kekuningan, atau bercampur darah.

Konsultasikan dengan dokter jika anda mengalami perdarahan vagina yang tidak biasanya.

tanda kanker serviks

Perdarahan Adalah Tanda Kanker Serviks Paling Umum | eatyourmedicine.org

  • Nyeri ketika berhubungan seksual

Tanda dan gejala ini dapat pula disebabkan oleh penyakit lain selain kanker serviks. Sebagai contoh, infeksi menular seksual juga dapat menimbulkan nyeri dan perdarahan. Meskipun demikian, anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter. Bahkan meskipun anda sudah melakukan pemeriksaan pap smear. Apabila ternyata sebabnya adalah infeksi, dokter akan memberikan rekomendasi pengobatannya. Jika ternyata penyebabnya adalah kanker, maka pengobatan bisa dimulai lebih dini dan meningkatkan efektivitas dari pengobatan tersebut.

Perlu diperhatikan, janganlah menunggu tanda dan gejala ini timbul. Periksakan diri secara rutin dan lakukanlah PAP SMEAR.

 

Tanda dan Gejala Kanker Serviks Stadium Lanjut

tanda kanker serviks

Nyeri Adalah Salah Satu Gejala Kanker Serviks | wisegeek.com

 

Apabila kanker sudah menyebar keluar dari serviks ke jaringan dan organ sekitar, kanker dapat memicu berbagai gejala, diantaranya:

  • Konstipasi atau sembelit,
  • Adanya darah pada air seni (hematuria),
  • Kesulitan untuk mengontrol kandung kemih (inkontinensia urin), kadang ditandai dengan anyang-anyangan,
  • Nyeri pada tulang,
  • Nyeri di daerah panggul,
  • Bengkak di salah satu kaki,
  • Nyeri hebat di punggung atau di bagian samping akibat dari pembengkakan ginjal,
  • Perubahan kebiasaan berkemih dan buang air besar,
  • Penurunan berat badan drastis,
  • Keletihan seperti tidak ada tenaga.
fatigue-tanda-dan-gejala-kanker

Kelemahan dan Kelelahan Gejala Kanker Serviks

Kapan Anda harus berkonsultasi dengan dokter?

Konsultasilah dengan dokter jika anda mengalami gejala berikut:

  • Perdarahan setelah berhubungan seksual (postcoital bleeding)
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi normal
  • Ada perdarahan baru setelah menopause

 

Keluarnya darah dari vagina (vaginal bleeding) adalah hal yang sangat umum dan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Sehingga perdarahan dari vagina tidak selalu berarti seseorang mengidap kanker serviks. Walaupun demikian perdarahan dari vagina adalah tanda (gejala) yang menunjukkan bahwa seseorang perlu memeriksakan dirinya ke dokter.

Efektivitas pengobatan kanker serviks sangat berhubungan dengan stadium saat kanker itu ditemukan. Mengenali lebih awal kanker serviks akan membantu dalam keberhasilan pengobatan. Karena tanda dan gejala kanker serviks di stadium awal biasanya tidak muncul, maka lebih baik jika kita mawas diri dengan rutin melakukan deteksi dini kanker serviks dan melakukan pencegahan kanker serviks. Semoga kita dan orang yang kita sayangi terhindar dari kanker ini.[]

 

Sumber bacaan:

Cervical Cancer dari http://www.nhs.uk/Conditions/Cancer-of-the-cervix/Pages/Symptoms.aspx

%d bloggers like this: