9 Sumber Vitamin D Selain Sinar Matahari

Vitamin D merupakan vitamin yang berperan membantu tubuh dalam penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan. Vitamin ini penting bagi kesehatan tulang, gigi, dan otot. Selama ini mungkin kita mengetahui bahwa sumber vitamin D berasal dari sinar matahari saja. Karena memang tubuh kita bisa mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari dari kulit. Namun, sebenarnya di samping sinar matahari pagi, adapula sumber vitamin D dari bahan makanan yang dapat dikonsumsi. Bahkan mungkin sebagian dari kamu sudah terbiasa mengkonsumsi makanan sumber vitamin D ini.

Apa sajakah sumber vitamin D selain sinar matahari?

  1. Ikan
minyak-ikan-sumber-vitamin-D

Minyak Ikan | source: pixabay.com

Ikan menjadi salah satu sumber vitamin D yang cukup banyak. Jenis ikan yang mengandung vitamin D paling banyak adalah minyak hati ikan kod sekitar 10.000IU/100 gram, ikan salmon 1400 IU/100 gram, tuna kaleng 880 IU/85 gram, ikan haring 215 IU/100 gram, dan ikan sarden 190 IU/100 gram.

 

  1. Jamur

Sumber vitamin D yang lain terdapat pada jamur. Paparan sinar matahari pada jamur dapat meningkatkan kandungan vitamin D-nya. Misalnya ketika jamur tumbuh ditanam atau dijemur sebelum dimasak. Menjemur jamur di bawah matahari langsung selama 1 jam dapat meningkatkan kandungan vitamin D hingga 400%.

 

  1. Susu

Sumber vitamin D pertama adalah susu. Baik Susu sapi maupun susu kambing, keduanya memiliki kandungan vitamin D. Sumber vitamin D pada susu sapi dalam satu gelas sebesar 50% sedangkan pada satu gelas susu kambing mengandung sumber vitamin D hingga 31%.

 

  1. Telur
telur-makanan-sumber-vitamin-D

source: pixabay

Sumber vitamin D kedua adalah telur, tepatnya kuning telur. Dalam satu butir kuning telur mengandung vitamin D sekitar 25 IU. Dengan menambahkan menu telur saat sarapan pagi, kamu bisa menambahkan nutrisi vitamin D sebanyak 10%.

 

  1. Kedelai

Kacang kedelai selain mengandung protein nabati juga menjadi sumber vitamin D yang baik. Baik kacang kedelai utuh maupun makanan turunannya seperti tahu, tempe dan susu sama-sama mengandung vitamin D karena memiliki satu sumber yakni kacang kedelai.

 

  1. Udang

Kamu penyuka seafood pasti kenal baik dengan udang, kan? Tentu saja, selain rasanya gurih dan enak, udang juga kaya akan nutrisi salah satunya vitamin D sekitar 129 IU/85 gram. Dengan ukuran tersebut, kebutuhan tubuh akan vitamin D dalam sehari dapat terpenuhi dengan memakan udang.

 

  1. Sereal
makanan-sumber-vitamin-D

source: pixabay

Kandungan vitamin D dari produk olahan gandum ini berbeda-beda. Jadi, saat kamu hendak mengkonsumsi sereal sebagai alternatif pemenuhan kebutuhan akan vitamin D, bacalah kadar vitamin D di dalam kemasannya.

 

  1. Keju

Sumber vitamin D yang satu ini lezat menjadi campuran kue maupun roti gandum. Keju mengandung vitamin D karena merupakan produk olahan dari susu. Adapun keju yang paling tinggi kandungan vitamin D nya adalah keju jenis ricotta, namun keju ini sulit ditemui di pasaran. Akan tetapi, keju lain pun tetap memiliki kandungan vitamin D.

 

  1. Alfalfa

Tumbuhan yang satu ini biasa diberikan pada hewan ternak pemakan rumput seperti kambing, domba, sapi. Selain mengandung banyak nutrisi, alfalfa (medicago sativa) juga menjadi salah satu sumber vitamin D. Kini, tumbuhan alfalfa telah diproses ke dalam bentuk pil sebagai salah satu sumber vitamin D.

 

Kekurangan vitamin D, disebut juga defisiensi vitamin D, dapat menyebabkan tulang kita jadi lemah. Pada anak-anak dapat menyebabkan rakhitis sementara pada orang dewasa dapat menyebabkan osteomalasia. Untuk mencegah hal tersebut, kita perlu mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

9 sumber makanan vitamin D tersebut sudah tidak asing lagi di telinga dan mudah didapatkan di sekitar kita. Nah, kamu yang ingin menjaga kesehatan tulang, jangan ragu untuk konsumsi makanan sumber vitamin D ini, ya!

Leave a Reply

%d bloggers like this: