Berbagai Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Madu telah dikonsumsi oleh manusia selama ribuan tahun. Madu dipercaya memiliki berbagai khasiat. Kebudayaan kuno seperti Mesir dan Yunani telah menggunakan madu untuk berbagai keperluan. Berbagai agama juga menyatakan pentingnya madu. Keyakinan akan manfaat madu ini dibuktikan dengan penelitian-penelitian modern.

Daftar manfaat madu adalah list yang sangat panjang. Dengan berbagai nutrien dan substansi di dalamnya, madu memiliki beragam manfaat. Madu tidak hanya bermanfaat di dapur dan digunakan sebagai bahan makanan, tapi juga sebagai obat dan berbagai khasiat kesehatan. Bahkan madu juga digunakan dalam perawatan kecantikan dan digunakan dalam industri kosmetik.

Apa sajakah manfaat madu?

  1. Manfaat madu untuk kesehatan anak

manfaa-madu-untuk-kesehatan-anak

Madu Sehat Untuk Anak-anak

Pemberian madu secara teratur setiap hari dapat memperbaiki kondisi kesehatan anak. Angka terjadinya penyakit panas dan pilek pada kelompok balita yang diberi madu menurun, nafsu makan meningkat, porsi dan frekuensi makan bertambah. Karena porsi dan frekuensi makan yang bertambah, konsumsi energi dan protein anak yang diberi madu juga meningkat.

  1. Manfaat madu dalam melawan penyakit

Madu mengandung zat antibiotik untuk melawan serangan bakteri penyebab penyakit. Beberapa penyakit infeksi yang dihambat dengan minum madu secara teratur antara lain penyakit saluran pencernaan, penyakit kulit, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), batuk dan demam, penyakit infeksi pada paru-paru, penyakit-penyakit yang dapat mengganggu mata, telinga, dan saraf.

  1. Manfaat madu dalam menangkal radikal bebas

Semua jenis madu pasti mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan vitamin E. Itu artinya madu bermanfaat dalam menangkal radikal bebas. Antioksidan dalam madu diyakini mampu mencegah terjadinya kanker, penyakit jantung, dan penyakit lainnya.

  1. Menjaga fungsi saluran cerna

Madu juga ternyata banyak mengandung enzim yang akan memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh. Enzim tersebut antara lain amilase (mencerna karbohidrat), diastase, invertase, protease (mencerna protein), laktase (mencerna laktosa susu), katalase, peroksidase, lipase (mencerna lemak), dll.

  1. Manfaat madu untuk kesehatan sel dalam tubuh

Madu mengandung berbagai vitamin. Vitamin yang terdapat dalam madu antara lain vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Keberadaan vitamin ini sangat penting untuk mengatur proses metabolisme, memelihara fungsi jaringan tubuh, membantu pembuatan zat dalam tubuh, membantu pertumbuhan, dan pembentukan sel baru.

  1. Sebagai sumber mineral

manfaat-madu-sumber-mineral

Madu Kaya Akan Mineral | pixabay.com

Mineral yang terkandung di dalam madu antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur. Berbagai mineral itu sangat membantu dalam penyusunan orang-organ tubuh misalnya untuk membentuk tulang dan gigi, jaringan rambut, kuku, serta kulit, juga dalam pembuatan sel darah merah. Juga berfungsi dalam proses metabolisme untuk kepekaan saraf dan pengerutan otot.

  1. Manfaat madu untuk perawatan luka

Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa madu efektif dalam menyembuhkan luka. Madu memiliki kandungan anti bakteri sehingga membantu penyembuhan infeksi pada luka dan mempercepat proses penyembuhan. Pada prosedur perawatan luka, madu dioleskan pada luka lalu dibalut dengan balutan steril. Untuk luka bakar, madu diberikan langsung pada luka dan balutan diganti setiap hari atau dua hari sekali dan dibalut dengan balutan steril.

Madu juga digunakan pada luka tusukan, sengatan, luka infeksi, dan memberikan efek antibakteri yang baik pada luka gangrene atau luka operasi yang steril maupun terinfeksi.

  1. Manfaat madu untuk kesuburan

madu-meningkatkan-kesuburan-pria

Madu Bermanfaat Meningkatkan Kesuburan | pixabay.com

Madu dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada laki-laki. Mineral Boron dalam madu membantu penggunaan estrogen pada wanita. Madu juga telah lama digunakan sebagai suplemen untuk penderita disfungsi ereksi.

  1. Manfaat madu untuk ibu hamil

Madu memiliki nutrisi yang sangat kaya untuk kebutuhan ibu saat hamil. Sebagai obat alami untuk penyakit-penyakit yang ringan, tidak memiliki efek samping dan aman untuk bayi dalam kandungan. Madu juga bisa membantu mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Dengan hilangnya mual, diharapkan nafsu makan ibu hamilpun ikut meningkat. Vitamin C yang terdapat pada madu, efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil.

[baca lebih lengkap tentang manfaat madu untuk ibu hamil]

  1. Madu berpotensi mencegah neutropenia pada pasien kemoterapi

Madu dapat berfungsi mencegah turunnya sel darah putih pada pasien kemoterapi. Pada sebuah penelitian kecil, 40% pasien kanker yang memiliki risiko neutropenia (rendah/kekurangan salah satu komponen sel darah putih-neutrofil) tidak mengalami neutropenia lebih lanjut setelah rutin mengonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama menjalani kemoterapi. Meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, namun potensi efektivitas madu dalam mencegah neutropenia cukup besar.

  1. Meningkatkan stamina

manfaat-madu-untuk-kesuburan-pria

Madu Meningkatkan Vitalitas | source: pixabay.com

Menurut penelitian, madu memiliki manfaat untuk kesehatan seksual. Madu dapat meningkatkan kadar nitrit-oksida, sebuah senyawa yang dilepaskan dalam darah ketika seseorang terangsang secara seksual. Banyak orang mengakui bahwa madu efektif dalam meningkatkan energi, sirkulasi darah, serta stamina.

[baca tentang manfaat madu untuk kesuburan dan seksualitas kaum pria]

  1. Mengurangi reaksi alergi

Seiring dengan efek anti-inflamasi yang dimiliki, madu bermanfaat dalam meredakan batuk dan mengurangi reaksi akibat alergi.

  1. Madu membantu menurunkan kolesterol dan membantu kesehatan jantung

Vitamin C pada madu bermanfaat dalam kekebalan tubuh dan mengatur keseimbangan kolesterol. Madu bermanfaat meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam tubuh dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah. Secara tidak langsung manfaat madu lainnya adalah mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

  1. Memberi tambahan energi

madu-meningkatkan-energi

Madu Sebagai Pemulih Energi | pixabay.com

Vitamin B yang terdapat di dalam madu membantu perubahan karbohidrat menjadi energi. Sehingga orang yang mengonsumsi madu dapat melakukan aktivitas fisik dengan baik karena energi yang mencukupi.

Selain itu madu terdiri dari kandungan fruktosa dan glukosa yang cepat terserap dalam sistem pencernaan. Sehingga lebih cepat pula dimetabolisme oleh tubuh menjadi energi. Atlet Yunani kuno menggunakan madu untuk meningkatkan stamina sebelum bertanding dan sebagai pemulih energi setelah pertandingan.

  1. Manfaat madu untuk menurunkan berat badan

manfaat madu untuk diet

Menurunkan Berat Badan | source: pixabay.com

Madu membantu mempercepat metabolisme yang secara tidak langsung membantu tubuh lebih banyak membakar lemak. Lemak biasanya disimpan sebagai cadangan energi dalam tubuh dan membuat tubuh gendut dan lebih berat. Namun madu memiliki kemampuan untuk memobilisasi lemak. Lemak-lemak ini dibakar menjadi energi untuk aktivitas kita sehari-hari. Akibatnya berat badanpun turun.

Selain itu madu juga sebagai pemanis alami. Sangat baik digunakan oleh orang yang sedang program penurunan berat badan.

  1. Obat batuk dan radang tenggorokan

Beberapa studi klinis menemukan bahwa madu bermanfaat secara efektif dalam meredakan batuk sama dengan penggunaan obat. Tahun 2007 diadakan penelitian terhadap 139 anak oleh Penn State College of Medicine, ditemukan bahwa madu memiliki efek meredakan batuk seperti dextromethorphan (dm). Penelitian lain dilakukan pada anak-anak umur 1-5 tahun yang biasanya mengalami batuk pada malam hari. Setelah diberikan 2 sendok teh madu 30 menit sebelum tidur, anak-anak tersebut batuk dengan frekuensi lebih sedikit, lebih ringan dan kurang terganggu tidurnya dibandingkan yang tidak diberi madu sebelum tidur.

  1. Bermanfaat sebagai analgesik alami

Madu dapat digunakan untuk penanganan nyeri atau luka

  1. Manfaat madu mengatasi anemia

Madu mengandung zat besi, tembaga, dan mangan. Ketiga elemen ini membantu dalam pembentukan hemoglobin. Sehingga jumlah hemoglobin meningkat dalam darah. Selain itu, bagi penderita anemia yang merasakan letih dan lesu, madu dapat membantu meningkatkan energi.

Gunakan madu asli dan yang berwarna lebih gelap. Umumnya semakin gelap warna madu, maka semakin banyak kandungan mineral dan antioksidannya.

  1. Dapat mencegah osteoporosis

Riset membuktikan bahwa satu sendok teh madu setiap hari membantu penyerapan dan penggunaan kalsium. Hal ini mencegah osteoporosis.

  1. Madu sebagai pengawet makanan

manfaat-madu-mengawetkan-makanan

Madu Mengawetkan Makanan | source: pixabay.com

Gantilah gula pada saat membuat kue dengan madu. Kue akan tahan lebih lama karena madu memiliki kandungan anti bakteri yang alami.

  1. Mengatasi hiperaktif pada anak

madu-membantu-mengatasi-anak-hiperaktif

Madu Mengatasi Hiperaktivitas | pixabay.com

Gantilah penggunaan gula sebagai pemanis pada makanan dengan madu. Gula dapat menstimulasi anak hiperaktif, sedangkan madu tidak.

  1. Mengatasi insomnia

Berdasarkan sebuah penelitian campuran antara kayu manis, jahe dan madu yang dijadikan teh herbal dapat menenangkan tubuh ketika malam hari dilanda insomnia atau susah tidur. Bisa juga menggunakan campuran satu sendok madu dalam segelas susu hangat sebelum tidur.

Jika anda tidak kesulitan untuk tertidur tapi cenderung terbangun di tengah malam, bisa jadi itu karena pengaruh hormon stres seperti adrenalin dan kortisol. Madu yang diberi garam (ada sensasi rasa manis dan asin) dapat membantu mengatur kembali hormon tersebut dan membuat Anda kembali tertidur. Gunakan hanya satu sendok teh saja.

  1. Panjang umur

manfaat-madu-sehat-sampai-tua

Madu Menjaga Kesehatan Sampai Tua

Orang-orang dengan usia paling panjang di dunia ternyata rutin mengonsumsi madu. Fakta menarik lainnya ditemukan bahwa peternak lebih menderita lebih sedikit kanker dan artritis dibandingkan kelompok pekerja lainnya.

  1. Manfaat madu sebagai pencahar alami

Madu membantu secara alami dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

  1. Mengatasi hidung tersumbat

Masukkan madu dalam baskom atau wadah berisi air panas. Tutup kepala dengan handuk di atas baskom tersebut dan hirup uapnya.

  1. Untuk kecantikan wajah

Madu mengandung anti bakteri dapat digunakan sebagai obat jerawat. Selain itu madu juga memberi manfaat tambahan berupa kelembaban kulit. Sesendok penuh madu dapat membantu menyamarkan lingkaran hitam dan mengempeskan kantung di bawah mata. Masker madu bermanfaat untuk menghaluskan keriput.

[baca juga Manfaat Madu Untuk Wajah]

  1. Manfaat madu untuk kulit

Sebagai zat humectant, madu memiliki bermanfaat sebagai moisturiser dan mengatasi kulit kering. Madu juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dengan menjadikan madu sebagai scrub. Berendam dengan air hangat dan diberi campuran 2-3 sendok makan madu dapat membantu mengendurkan otot yang kaku dan melembabkan kulit.

[baca juga Manfaat Madu Untuk Perawatan Kecantikan]

  1. Manfaat madu untuk rambut

Madu dapat digunakan sebagai conditioner alami yang dapat membantu melembutkan rambut. Madu juga merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kelembaban kulit kepala. Selain sebagai antibakteri yang mencegah kulit kepala gatal dan berketombe, madu juga bermanfaat dalam membuat rambut jadi berkilau dan sehat.

[baca selengkapnya manfaat madu untuk kesehatan dan perawatan rambut]

  1. Manfaat madu sebagai tabir surya dan mencegah penuaan dini

manfaat-madu-untuk-sunscreen

Madu Bermanfaat Untuk Tabir Surya

Madu mengandung zat antioksidan yang berperan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar uv dan membantu proses peremajaan kulit. Paparan sinar uv yang berlebihan dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan menyebabkan kanker kulit. Mengkonsumsi madu secara rutin dapat melindungi kulit dari dalam dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mencegah penuaan.

  1. Manfaat madu sebagai lip balm

Dengan fungsinya sebagai pelembab secara alami, madu juga bermanfaat dalam melembabkan bibir. Gunakan madu sebagai lip balm untuk mengobati dan mencegah bibir pecah-pecah.

 

Demikianlah manfaat madu untuk manusia. Daftar ini masih belum merangkum keseluruhan manfaat madu. Penelitian yang terus dilakukan dan perkembangan pengetahuan manusia kemungkinan akan terus mendapatkan manfaat madu lainnya.

 

Sumber:

The healing power of honey: From burns to weak bones, raw honey can help dari www[dot]naturanelws[dot]com

Is Honey Good For Anemia? dari honeyfanatic[dot]com

Honey is an Aphrodisiac dari www[dot]benefits-of-honey[dot]com

10 health benefits of honey dari www[dot]mnn[dot]com

%d bloggers like this: