Manfaat Madu Untuk Wajah dan Perawatan Kulit

manfaat-madu-untuk-kecantikan-kulit

Manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan telah dipercaya manusia sejak jaman lampau. Icon kecantikan, Ratu Cleopatra, dipercaya menggunakan madu sebagai salah satu perawatan wajah dan kulitnya. Madu juga digunakan oleh industri kosmetik dan perawatan kulit di era sekarang.

Kandungan mineral dan nutrien yang dimiliki madu memiliki banyak khasiat. Khasiat-khasiat itulah yang diharapkan muncul dan bermanfaat dalam perawatan kulit kecantikan. Madu mengandung antibakteria dan antiseptik yang bermanfaat dalam melindungi kulit dari infeksi dan membantu proses penyembuhan. Karena manfaat ini pula madu digunakan dalam prosedur perawatan luka.

Madu banyak digunakan dalam produk kecantikan yang diproduksi secara massal. Madu juga dapat digunakan sendiri di rumah bagi wanita untuk perawatan kulit wajahnya. Masker madu dapat digunakan dengan menambahkan bahan alami atau herbal lainnya untuk memaksimalkan manfaatnya untuk kulit.

 

Berikut ini adalah manfaat madu untuk wajah dan perawatan kulit

  1. Mengatasi dan mencegah jerawat

Madu dapat melawan infeksi bahkan pada lapisan kulit di bawah lapisan teratas dengan membuka pori-pori yang tersumbat kotoran dan membersihkannya. Madu dapat diserap ke kulit, masuk ke dalam folikel yang tersumbat dan membunuh bakteri di sana yang dapat menyebabkan jerawat.

Gunakan madu sebagai masker wajah untuk mendapat manfaat ini. Oleskan madu murni tipis-tipis pada kulit wajah dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Perawatan ini bisa Anda lakukan sepulang kerja, tujuannya untuk mengangkat kotoran atau partikel debu yang menempel di area wajah. Anda akan mendapatkan kulit yang lembut dan bercahaya sebagai hasilnya.

  1. Melembabkan kulit

Madu adalah zat yang bersifat humectant, artinya zat yang bersifat mencegah hilangnya kelembaban. Sehingga madu adalah moisturizer yang efektif dan sering digunakan oleh produk perawatan rambut dan kulit. Madu bersifat menarik air dan menjaganya di kulit, akibatnya kulit tetap lembut dan kenyal. Manfaat lain madu adalah melindungi kulit dari kekeringan sehingga mencegah munculnya keriput dini.

  1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mencegah penuaan dini

Madu mengandung zat antioksidan. Antioksidan berperan penting dalam melindungi kulit dari paparan sinar uv dan membantu proses peremajaan kulit. Paparan sinar uv yang berlebihan dapat merusak kulit, menyebabkan penuaan dini dan menyebabkan kanker kulit. Oleh karenanya madu banyak digunakan pula dalam produk sunscreen.

Mengkonsumsi madu secara rutin dapat melindungi kulit dari dalam dari radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan kulit dan mencegah penuaan.

  1. Pembersih make up wajah
manfaat-madu-untuk-pembersih-make-up

Dapat Digunakan Untuk Pembersih Make Up | pixabay.com

Madu dapat digunakan sebagai cleanser namun tidak disarankan untuk make up mata yang tipis. Gunakan campuran madu dan minyak (bisa gunakan minyak kelapa atau jojoba oil) lalu massage pada kulit wajah. Anda dapat membersihkan make up tebal (heavy make up) dan melembabkan kulit sekaligus.

  1. Mengangkat sel kulit mati

Anda dapat mengangkat sel-sel kulit mati di tubuh dengan menggunakan madu sebagai scrub. Campur madu dan baking soda dengan perbandingan 2:1. Baking soda membantu mengangkat sel kulit mati sementara madu berperan dalam melembutkan kulit. Campuran scrub ini dapat digunakan dari kepala hingga kaki. Lengan dan kaki Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari perawatan ini.

  1. Sebagai lip balm

Dengan fungsinya sebagai pelembab secara alami, madu juga bermanfaat dalam melembabkan bibir. Gunakan madu sebagai lip balm untuk mengobati dan mencegah bibir pecah-pecah.

[Baca juga cara perawatan kulit dan kecantikan dengan madu]

 

Demikianlah manfaat madu untuk wajah dan perawatan kulit. Anda dapat menggunakan bahan alami ini untuk perawatan kulit di rumah. Murah dan alami. Silakan dicoba.

%d bloggers like this: