Manfaat Alami Madu Untuk Kesehatan Rambut

Sebagian besar orang sudah tahu bahwa madu adalah makanan yang sangat baik manfaatnya untuk kesehatan. Namun sebenarnya, seiring berkembangnya ilmu pengetahuan, ditemukan manfaat madu lainnya. Madu juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan wanita, termasuk perawatan rambut.

Madu bermanfaat untuk pertumbuhan rambut

manfaat madu untuk rambut

Madu Mencegah Kerontokan Rambut | bodyrock.tv

  1. Madu adalah pelembab dan pelembut alami. Madu dapat digunakan sebagai conditioner yang dapat membantu melembutkan rambut Anda
  2. Madu adalah antioksidan alami sehingga madu baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala serta merangsang pertumbuhan rambut
  3. Sebagai pelembab kulit, madu juga meningkatkan kesehatan folikel rambut. Folikel berperan penting dalam pertumbuhan rambut. Penelitian menemukan bahwa penggunaan madu yang tepat dalam perawatan rambut dan merangsang folikel rambut yang beristirahat/tidak aktif sehingga mendorong pertumbuhan rambut.
  4. Madu adalah zat yang bersifat humectant, artinya zat yang bersifat mencegah hilangnya kelembaban. Sehingga madu dapat berguna mencegah hilangnya kelembaban pada kulit kepala. Selain itu madu juga mengandung kadar senyawa karbohidrat (gula) yang cukup tinggi sehingga menjaga kelembaban tsb. Hal ini bermanfaat dalam mencegah rambut rontok dan menyehatkan folikel rambut.
  5. Madu juga mengandung antibakteria dan antiseptik. Hal ini bermanfaat dalam melindungi kulit kepala kita dari infeksi atau psoriasis (kondisi sel kulit yang tumbuh menjadi seperti kerak dan gatal) dan menjaga kulit kepala tetap bersih serta bebas bakteri. Ketombe dan rasa gatalpun secara tidak langsung menjauh. secara tidak langsung, madu juga mengurangi rambut rontok.
  6. Jika rambut Anda kering, terpapar polusi atau sinar matahari langsung sehingga menjadikannya tidak sehat, gunakanlah madu. Madu dapat mengembalikan kemilau rambut Anda.

Begitu luar biasanya manfaat madu untuk rambut. Sebagai bahan alami, madu memiliki banyak kebaikan bagi tubuh. Madu membuat folikel rambut dan kulit kepala sehat sehingga mendorong pertumbuhan rambut.

[Baca juga manfaat madu untuk perawatan kecantikan lainnya]

 

Di atas sudah dipaparkan manfaat madu untuk kesehatan rambut. Namun, bagaimana cara penggunaan madu untuk merangsang pertumbuhan rambut ini?

Berikut beberapa pilihan cara yang bisa Anda lakukan.

 

manfaat madu untuk rambut

Perawatan Rambut Dengan Madu | socialsneaker.com

  1. Ambil 1 sendok makan madu dan tambahkan pada sampo atau oleskan secara langsung pada kulit kepala Anda. Gunakan shower cap selama 20 – 30 minutes. Setelah itu cuci rambut sampai bersih dengan air hangat. Disarankan untuk melakukannya minimal 2 kali dalam seminggu.
  2. Campurkan madu dengan air dengan perbandingan 9:1. Ambil 9 bagian madu ditambah 1 bagian air (bisa ditakar dengan sendok) campur dalam wadah. Pijat-pijat kulit kepala Anda dengan campuran tersebut. Kemudian tutup rambut anda dari akar hingga ujungnya selama kurang lebih 3 jam. Bisa menggunakan shower cap. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap seminggu sekali. Kemudian tutup rambut anda dari akar hingga ujungnya selama kurang lebih 3 jam. Bisa menggunakan shower cap. Setelah itu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap seminggu sekali.
  3. Madu juga bisa dikombinasikan dengan minyak zaitun untuk perawatan rambut. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok madu dengan 1 sendok minyak zaitun. Masukkan dalam microwave campuran ini selama 30 detik. Biarkan hingga dingin selama kurang lebih satu menit. Oleskan pada rambut dan kulit kepala kemudian pijatlah kulit kepala Anda. Kemudian tutup rambut anda dari akar hingga ujungnya selama kurang lebih 30 menit. Bisa menggunakan shower cap. Setelah itu bilas dengan air dingin.

 

Inilah 3 cara yang dapat digunakan dalam perawatan rambut menggunakan madu. Perawatan ini sangat bermanfaat dalam merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Madu adalah zat alami yang dapat membuat rambut anda sehat dan berkilau. Anda bisa mencobanya di rumah.[]

%d bloggers like this: