Aneka Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil

Madu Juga Memiliki Manfaat Untuk Ibu Hamil

Madu Juga Memiliki Manfaat Untuk Ibu Hamil

Apakah madu aman untuk ibu hamil? Sebenarnya tidak ada literatur medis yang mengatakan bahwa madu tidak aman dikonsumsi selama kehamilan. Namun, dengan perkembangan teknologi dan banyaknya penggunaan zat atau substansi pada pertanian dan industri makanan, tidak semua makanan aman untuk dikonsumsi. Untuk meyakinkan bahwa madu yang dikonsumsi adalah aman, belilah madu dari sumber yang dipercaya. Gunakan madu yang benar-benar asli dari peternak lebah yang jujur. Gunakan madu asli atau madu yang telah dipasteurisasi. Dengan mengonsumsi madu yang tepat, kita bisa mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil.

Kehamilan adalah hal yang sangat penting bagi seorang wanita. Ibu hamil membutuhkan perhatian lebih terhadap apa yang dikonsumsi karena ada kehidupan lain yang bergantung padanya. Makanan yang baik, olahraga, dan istirahat penting diperhatikan bagi ibu hamil untuk menjaga kesehatan tidak hanya untuk dirinya sendiri tapi juga untuk bayinya. Jika ada penyakit yang menjangkiti ibu hamil, diperlukan penanganan yang tepat.

Menangani penyakit pada kehamilan memerlukan perhatian yang lebih. Sementara mengobati penyakit yang muncul ketika kehamilan tidaklah mudah. Karena ada beberapa obat-obatan yang tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Jika Anda mencari obat yang alami untuk mengatasi penyakit-penyakit ringan, madu bisa menjadi pilihan.

 

Berikut ini adalah 3 penyakit ringan yang bisa diatasi dengan madu:

  1. Menyembuhkan batuk

Batuk ketika sedang hamil adalah keadaan yang cukup menyulitkan karena seorang ibu hamil tidak bisa sembarang meminum tablet atau sirup obat batuk. Madu bisa mengobati batuk secara alami dan tidak menyebabkan efek samping.

Cara menggunakan madu sebagai obat batuk sangatlah sederhana. Caranya adalah campurkan madu dengan bawang putih. Tumbuk satu siung bawang putih dan masukkan dalam cangkir/mud. Tambahkan madu dan tutuplah erat-erat. Biarkan campuran ini agar menyatu dengan baik selama 24 jam sebelum digunakan. Minum satu sendok makan campuran ini sebagai obat batuk. Anda bisa mengonsumsinya sampai batuk Anda mereda. Alternatif lainnya adalah campuran madu dan lemon.

  1. Mengobati mual/panas di ulu hati

Rasa terbakar di sekitar ulu hati sangat umum muncul pada ibu hamil karena adanya perubahan hormonal. Hal ini terjadi karena asam lambung naik ke esofagus. Perasaan ini membuat ibu hamil kehilangan nafsu makan. Karenanya gejala ini perlu diatasi. Selain menggunakan obat medis, Anda juga dapat mengatasinya secara alami dengan madu.

Caranya mengobati rasa panas di ulu hati dengan madu cukup mudah. Campurkan satu sendok makan madu ke dalam segelas susu dan minumlah ketika gejalanya muncul. Karena umumnya ibu hamil mengonsumsi susu ketika kehamilan, maka mencampurkannya dengan madu tidaklah menyulitkan. Madu yang manis juga akan menambah rasa manis pada susu.

  1. Menyembuhkan sakit tenggorokan

Madu bisa menjadi pilihan paling aman dalam mengobati sakit tenggorokan. Ada dua cara yang dapat dipilih. Pertama, campurkan lemon dan madu dengan segelas air hangat. Gunakan campuran ini untuk kumur (sampai tenggorokan) untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Cara kedua adalah dengan langsung menelan satu sendok madu. Cara ini aman untuk bayi dalam kandungan.

Selain manfaat madu untuk ibu hamil di atas, masih banyak manfaat madu lainnya. Dengan banyaknya kandungan nutrien yang terdapat pada madu, membuatnya sebagai bahan makanan yang memiliki bermacam-macam manfaat.

Manfaat madu untuk ibu hamil yang lainnya:

  1. Menambah tenaga

Madu terdiri dari kandungan fruktosa dan glukosa yang cepat terserap dalam sistem pencernaan. Sehingga lebih cepat pula dimetabolisme oleh tubuh menjadi energi.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyakit

Antioksidan di dalam madu seperti vitamin c dan vitamin e membantu menangkal radikal bebas. Akibatnya daya tahan tubuh ibu meningkat dan lebih kebal terhadap penyakit.

  1. Melancarkan buang air besar

Ibu hamil kadang kesulitan buang air besar, apalagi jika meminum suplemen penambah darah. Madu membantu secara alami dalam melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit.

  1. Mengatasi anemia

Anemia adalah gangguan yang sering muncul pada kehamilan. Kandungan mineral dalam Madu seperti zat besi, tembaga, dan mangan membantu dalam pembentukan hemoglobin. Sehingga jumlah hemoglobin meningkat dalam darah. Selain itu, bagi penderita anemia yang merasakan letih dan lesu, madu dapat membantu meningkatkan energi.

  1. Sumber vitamin dan mineral yang penting dalam pemeliharaan fungsi jaringan tubuh

Madu mengandung berbagai vitamin, di antaranya vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E. Keberadaan vitamin ini sangat penting untuk mengatur proses metabolisme, memelihara fungsi jaringan tubuh, membantu pembuatan zat dalam tubuh, membantu pertumbuhan, dan pembentukan sel baru. Mineral yang terkandung di dalam madu antara lain kalium, natrium, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor, dan sulfur. Berbagai mineral ini membantu dalam penyusunan orang-organ tubuh.

[baca juga manfaat madu lainnya bagi kesehatan]

 

Madu pada dasarnya aman untuk ibu hamil. Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih madu

  1. Sebaiknya gunakan madu yang telah mengalami pasteurisasi. Karena madu mentah bisa jadi mengandung bakteri yang menyebabkan penyakit.
  2. Belilah madu dari merk yang dipercaya.
  3. Pilih madu organik yang didapat secara alami

 

Demikianlah manfaat madu untuk ibu hamil. Madu, sebagai bahan makanan alami yang bersumber dari alam, bisa menjadi pilihan perawatan kesehatan yang aman bagi ibu dan janin.[]

%d bloggers like this: