Aneka Makanan Sumber Vitamin B

Vitamin B merupakan vitamin yang memiliki sifat larut dalam air dan memiliki peran yang penting dalam  metabolisme sel. Pada awalnya, hanya diketahui vitamin B saja seperti halnya vitamin C dan D. Namun kini jenis vitamin B telah diketahui tipenya, antara lain vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin, termasuk asam nikotinat dan nikotinamida), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 dikenal juga dengan vitamin H (biotin), vitamin B9 juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c asam folat, vitamin B12 (kobalamin). Tipe-tipe vitamin ini kemudian dikenal dengan julukan vitamin B komplek.

Vitamin B bekerja secara bersama-sama maupun secara individual dalam sel tubuh dengan berbagai macam fungsi. Di antaranya membantu tubuh melepaskan energi yang didapat dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang merupakan sumber vitamin B yang sangat baik untuk satu jenis vitamin, namun ada pula makanan yang mengandung beberapa jenis vitamin B sekaligus. Kabar baiknya, vitamin B tersebar di berbagai jenis makanan. Jadi, jika Anda makan berbagai jenis makanan dengan diet yang seimbang, Anda memiliki potensi mendapatkan berbagai vitamin yang dibutuhkan.

 

Apa Saja Makanan Sumber Vitamin B? Ini Dia

Vitamin B1

asparagus-sumber-vitamin-B

source: pixabay.com

Vitamin B1 disebut juga Tiamin adalah nutrisi yang penting untuk mempertahankan fungsi sel tubuh. Manfaat vitamin B1 adalah untuk daya ingat dan fungsi otak, juga membantu memproduksi energi. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beriberi. Sumber makanan vitamin B yang paling baik adalah asparagus. Selain itu vitamin B1 dapat diperoleh dari biji-bijian yang masih mengandung kulit ari, kecambah, kacang-kacangan kering seperti kacang polong, kacang merah, beras merah serta biji bunga matahari. Makanan lainnya adalah sayuran berwarna hijau tua seperti bayam juga kembang kol dan kubis.

Vitamin B2

makanan-sumber-vitamin-B

source: pixabay.com

Manfaat vitamin B2 baik bagi kesehatan kulit, rambut, dan produksi energi. Hati-hati dengan makanan yang memiliki sumber vitamin B2 sebab kandungan vitamin ini akan rusak di bawah matahari langsung. Makanan sumber vitamin B2 adalah susu dan produk olahan susu seperti yogurt dan keju. selain itu asparagus dan sayuran berwarna hijau tua seperti bayam. sumber vitamin B2 lainnya adalah daging sapi , ayam, dan telur.

Cara terbaik untuk menjaga kandungan vitamin B2 dalam makanan adalah dengan memakannya dalam keadaan segar, mencegahnya terkena paparan cahaya, serta memasaknya dengan singkat (tidak memasaknya terlalu lama).

Vitamin B3

salmon-makanan-sumber-vitamin-B

Salmon | picsource: pixabay.com

Vitamin B3 membantu tubuh mengubah makanan (karbohidrat) menjadi energi (glukosa) serta membantu tubuh untuk menggunakan lemak dan protein. sehingga vitamin B3 bermanfaat bagi pengaturan kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Makanan sumber vitamin ini adalah daging sapi, ayam, kalkun, salmon, dan tuna.

Vitamin B5

Manfaat vitamin B5 adalah untuk energi, kulit, rambut dan kesehatan fungsi sistem saraf. Vitamin ini juga penting dalam pembentukan sel darah merah dan membantu menghasilkan hormone kortisol, hormon yang membantu meredakan stress. Vitamin B5 tersebar di berbagai jenis makanan. Daging segar, sayuran, dan makanan yang belum diolah mengandung vitamin B5 lebih banyak daripada makanan yang sudah diproses seperti makanan kaleng atau frozen food. Sumber makanan vitamin B5 antara lain ayam, kuning telur, kacang polong, brokoli, tomat, alpukat, ubi jalar, dan jagung.

Vitamin B6

Vitamin ini membantu mencegah kanker prostat, kanker payudara, membantu mengurangi syndrome pra menstruasi, memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf yang sehat. Makanan sumber vitamin B6 adalah biji bunga matahari, kacang pistasio, ayam, kalkun, salmon dan tuna.

Vitamin B7

Vitamin B7 penting untuk kesehatan kulit, rambut, kuku, juga untuk pemecahan glukosa. Makan sumber vitamin ini adalah hati, telur, kedelai, kacang, kacang polong, oatmeal, mentega, pisang dan jamur.

Vitamin B9

bayam-makanan-sehat-jantung-koroner

Bayam Kaya Akan Asam Folat

Vitamin B9 dikenal juga dengan nama asam folat. Vitamin B9 sangat penting peranannya bagi fungsi otak dan kesehatan mental. Asam folat penting dalam pembentukan materi genetik tubuh sehingga banyak dibutuhkan bagi bayi, remaja, dan ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan asam folat yang lebih banyak untuk menurunkan risiko kecacatan saraf pada bayi lahir. Makanan sumber vitamin B9 ini dapat diperoleh dari asparagus, bayam, kacang-kacangan, brokoli, kubis, sereal, jeruk, dan lainnya.

Vitamin B12

Vitamin B12 penting dalam mempertahankan kesehatan fungsi sistem saraf. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, kelelahan, depresi. Jika kekurangan dalam kurun waktu yang lama dapat menyebabkan kerusakan otak dan sistem saraf pusat. Vitamin B12 hanya dapat didapatkan dari produk hewani, maka bagi para vegetarian dianjurkan untuk meminum suplemen sianokoalamin ini. Makanan sumber vitamin B12 adalah kerang, ikan, daging sapi, hati sapi, ayam, susu, keju dan telur.

 

Nah, itulah uraian singkat mengenai vitamin B komplek. Kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin B jika memakan makanan yang bervariasi karena ternyata sumber vitamin B tersebar di berbagai jenis makanan. Semoga menambah wawasan.[]

 

Bahan Bacaan:

  1. Vitamin B9 (Folic acid) dari http://umm.edu/health/medical/altmed/supplement/vitamin-b9-folic-acid
  2. Vitamin B2 – riboflavin dari http://www.whfoods.com/genpage.php?tname=nutrient&dbid=93
  3. Top 10 Foods Highest in Vitamin B12 (Cobalamin) dari https://www.healthaliciousness.com/articles/foods-high-in-vitamin-B12.php

Leave a Reply

%d bloggers like this: