14 Makanan Penyebab Kanker Yang Harus Diwaspadai

Pekembangan pengetahuan dan teknologi tidak berarti membuat gaya hidup manusia lebih sehat. Industri makanan semakin berkembang dan semakin mudah kita temukan variasi makanan dijual di pasar. Seiring dengan hal tersebut, makin banyak pula makanan penyebab kanker -karena melalui berbagai proses olahan tersebut-di atas meja makan kita.

Banyak penelitian kesehatan menemukan bahwa hampir semua penyakit timbul akibat perilaku manusia. Begitu juga dengan kanker, banyak ditemukan terkait dengan pola kebiasaan dan pola makan. Berbagai jenis makanan yang kita temui sehari-hari ternyata dapat menyebabkan kanker.

Makanan menjadi penyebab kanker tidak melulu karena zat yang dikandungnya, bisa juga karena pengolahannya. Bahkan makanan yang Anda pikir adalah makanan sehat, bisa jadi dapat menyebabkan kanker pula.

Untuk itu, selain mencegah kanker dengan memulai gaya hidup sehat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat. Berikut ini akan dipaparkan daftar makanan yang perlu dihindari atau dibatasi jumlahnya jika ingin tetap sehat dan terhindar dari kanker.

Inilah Daftar 14 Makanan Penyebab Kanker

Daging olahan

makanan-penyebab-kanker

Daging olahan dibuat dengan tambahan cukup banyak zat kimia dan garam sodium sehingga dapat merusak kesehatan. Bacon, ham, dan sosis disebut oleh WHO sebagai bahan makanan yang sama bahayanya dengan rokok dalam menyebabkan kanker kolon.

Sosis, nugget, tempura dan beberapa makanan olahan berbahan dasar daging mengandung sodium nitrat. Sodium nitrat adalah salah satu penyebab kanker usus.

Soft drink

soda makanan penyebab kanker

Soft drink, soda, atau apapun nama dagangnya, sangat merusak kesehatan. Minuman bersoda mengandung kalori yang tinggi, gula, zat tambahan buatan, padahal tidak memiliki manfaat nutrisi.

Satu kaleng minuman soda memiliki kandungan gula yang tinggi serta bersifat korosif, seperti halnya zat asam dalam batu baterai. Sebuah penelitian mendapatkan fakta bahwa meminum soft drink atau minuman bersoda dua kali seminggu meningkatkan risiko kanker pankreas dua kali lipat.

Alkohol

Mengonsumsi alkohol adalah penyebab kanker terbanyak nomor dua setelah rokok. Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan berakibat pada gagal jantung, strok, serta kematian mendadak. Alkohol juga dapat menyebabkan kanker mulut, esofagus, hati, kolon, rektum, dan payudara.

Makanan yang diasinkan, diawetkan, atau diasapkan.

Kandungan pengawet pada makanan adalah nitrat. Di dalam tubuh nitrat berubah menjadi nitrosamin.nitrosamin adalah zat kimia yang dapat menimbulkan kanker pada saluran cerna atau hati.

Proses pengasapan daging dan ikan dapat menghasilkan Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPA). Hpa termasuk zat kimia penyebab kanker (karsinogen).

Daging yang dipanggang

Proses pemanggangan lemak binatang dapat menghasilkan Hidrokarbon Polisiklik Aromatik (HPA). HPA adalah senyawa penyebab kanker. Jangan banyak makan daging panggang, barbeque, atau sate, terutama bagian yang sudah menghitam.

Sayuran dan buah yang mengandung pestisida

Sayuran dan buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bayi. Tapi tidak demikian dengan sayuran dan buah-buahan yang mengandung pestisida. Pestisida adalah penyebab kanker nomor satu, apalagi jika kita memakannya setiap hari.

Hindari berbagai buah berry, apel dan selada non-organik demi kesehatan Anda. Sayuran dan buah non-organik ada yang menggunakan hormon dan penyubur yang membuat buah dan sayur lebih besar.

Buah-buahan yang sering menggunakan pestisida adalah stroberi, apel, anggur, dan jeruk. Selalu cuci terlebih dahulu buah dan sayuran sebelum dimakan. Meskipun hal ini tidak menjamin 100% pestisidanya hilang.

Makanan yang dipanaskan dengan microwave

Semua makanan yang dipanaskan dalam wadah plastik berpotensi menjadi penyebab kanker. Plastik jika dipanaskan dalam microwave melepaskan banyak racun kimia ketika dipanaskan. Microwave dilapisi suatu bahan kimia yang bermanfaat menjaga kesegaran makanan ketika dimakan.

Hasil penelitian menemukan bahwa bahan kimia tersebut dapat menyebabkan infertilitas, kanker hati, testis, dan pankreas.

Daging (daging merah)

daging-merah-makanan-penyebab-kanker

Menurut lembaga penelitian di Inggris, beberapa jenis daging dan cara memasaknya yang salah merupakan faktor yang menyebabkan kanker payudara. Terutama jika dikonsumsi terlalu sering. Daging merah juga berisiko menyebabkan kanker kolon.

Lebih disarankan untuk mengonsumsi daging putih seperti dada ayam dan daging ikan yang tidak menyebabkan kanker. Makanlah daging merah dalam jumlah dan frekuensi yang tidak berlebihan.

Pemanis buatan

Pemanis buatan adalah zat tambahan yang biasa digunakan pada berbagai produk makanan dan minuman yang berasa manis. Salah satu pemanis buatan yang sering digunakan selain sakarin adalah aspartam. Aspartame (bahan kimia dalam pemanis buatan) diketahui dapat menyebabkan kejang, katarak, dan kelemahan pada otot lambung. Bahan kimia ini dipecah dalam tubuh menjadi racun mematikan yang dikenal sebagai DKP. Zat ini menghasilkan bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker, terutama tumor otak.

Makanan yang dimasak dalam suhu yang tinggi

kentang goreng makanan penyebab kanker

Cara mengolah makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah memasaknya dalam suhu yang tinggi serta menggunakan minyak secara berulang kali. Gorengan, zat protein, daging, maupun bahan pengawet buatan jika dipanaskan dalam suhu tinggi bisa menyebabkan perubahan sel dalam tubuh menjadi lebih cepat dan akhirnya bisa menimbulkan kanker.

Makanan tinggi karbohidrat kalau digoreng maka akan terurai kemudian bereaksi dengan asam amino dan menghasilkan sebuah senyawa karsinogenik bernama akrilamida.  Akrilamida termasuk zat pemicu kanker. Keripik kentang adalah contoh makanan yang memiliki kadar akrilamida yang tinggi.

Makanan tinggi lemak

Kandungan lemak yang tinggi pada makanan selain menyebabkan obesitas (kegemukan) juga dapat menyebabkan kanker payudara.

Makanan dan minuman manis

makanan-manis-penyebab-kanker

Meskipun menggunakan pemanis alami, gula dalam jumlah besar yang ditambahkan di makanan manis dapat menyebabkan kanker. Terlalu sering mengonsumsi makanan manis secara berlebihan dapat menjadi penyebab kanker, diabetes, obesitas dan masalah kesehatan lainnya.

Sel kanker sangat menyukai gula. Makanan dengan kadar fruktosa yang tinggi misalnya sirup dapat memicu kanker. Makanan sel kanker adalah kandungan gula dalam darah, karenanya ditemukan angka kejadian kanker yang tinggi pada kelompok orang yang banyak mengkonsumsi makanan manis.

Snack/makanan ringan

snack penyebab kanker

Di dalam snack banyak terkandung zat yang dapat menyebabkan kanker. Rasa gurih pada snack didapat dari tambahan sodium. Sodium dapat menyebabkan darah tinggi.

Penyedap buatan dan pengawet pada snack juga penyebab kanker. Meskipun enak, murah, dan membuat ketagihan, sesungguhnya makanan ringan atau snack adalah makanan yang sangat tidak sehat.

Makanan diet (low fat)

Kaum perempuan yang ingin menjaga berat badannya akan lebih menyukai produk dengan label “diet” atau “low fat”. Produk low fat memang mengandung kalori yang rendah sehingga tidak perlu khawatir mengakibatkan gemuk bila mengonsumsinya.

Namun di sisi lain produk ini berbahaya karena pemanis yang digunakan. Lagi-lagi pemanis buatan seperti aspartam adalah biang onar bagi buruknya kesehatan tubuh karena dapat menyebabkan kanker, cacat pada bayi, dan gangguan jantung.

Makanan ini kebanyakan diproses secara kimia dan diberi zat tambahan makanan seperti pengawet juga penyedap yang membuat Anda suka dan ketagihan. Awas, jangan sampai tertipu.

Demikianlah beberapa jenis makanan penyebab kanker. Semoga informasi ini membantu Anda untuk memilih makanan yang sehat dan terhindari dari kanker.

 

Add Comment