Makanan Pantangan Bagi Penderita Penyakit Asam Urat

Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap proses pengolahan zat zat tubuh yang normal pasti menghasilkan asam urat. Namun, jika kadar asam urat terlalu tinggi dapat menimbulkan Penyakit asam urat. Penyakit dengan gejala utama nyeri pada sendi ini merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan.

Sebenarnya purin terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin. Karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin berpindah ke dalam tubuh kita. Jika asam urat yang dibuang dari tubuh jauh lebih sedikit dari jumlah produksinya, maka sisanya akan menumpuk di dalam dan sekitar sendi dalam bentuk kristal-kristal tajam.

[Baca lebih lengkap tentang asam urat]

Penanganan penyakit asam urat memiliki dua sasaran utama, yaitu meringankan gejalanya dan mencegah serangan terulang kembali. Untuk mencegah kambuhnya serangan asam urat, pasien bisa melakukannya dengan memperbaiki pola hidup dan mengatur diet. Memberlakukan pantangan memakan makanan yang mengandung asam urat adalah salah satu cara efektif dalam menangani asam urat.

Penderita penyakit asam urat harus menghindari sebisa mungkin makanan yang mengandung purin yang tinggi. Makanan sumber dari produk hewani biasanya mengandung purin sangat tinggi. Produk makanan mengandung purin tinggi kurang baik bagi orang-orang tertentu, yang punya bakat mengalami gangguan asam urat. Jika mengonsumsi makanan ini tanpa perhitungan, jumlah purin dalam tubuhnya akan sangat banyak sehingga melewati ambang batas normal. Sangat penting bagi penderita asam urat untuk mengetahui makanan apa saja yang mengandung purin tinggi dan harus mereka pantang.

 

Inilah daftar makanan pantangan penderita penyakit asam urat.

Kelompok purin sangat tinggi, sebaiknya pantangan makan makanan ini:

  • Jeroan: otak, paru-paru, hati, limpa, usus, ginjal dan babat.

    jeroan pantangan asam urat

    Jeroan Pantangan Asam Urat | pixabay.com

  • Daging kambing, daging anjing, daging babi, daging sapi, daging kerbau dan daging kuda.
  • Bebek
  • Seafood (Makanan laut): udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, sotong, remis, tiram, ikan teri, ikan sarden.
  • Metabolisme alkohol dalam tubuh dapat meningkatkan produksi asalam urat dan memicu dehidrasi. Selain itu, bir juga meningkatkan risiko asam urat dan serangan yang berulang.
  • Alpukat

    alpukat pantangan asam urat

    Alpukat | freeimages.com

  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng. Termasuk daging olahan seperti sosis.

 

Kelompok purin sedang, sebaiknya konsumsinya dibatasi:

  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tahu, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge dan emping/melinjo.
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong/ubi, daun pepaya, kangkung dan cabe/lombok.

    asparagus pantangan asam urat

    Asparagus | freeimages.com

  • Riverfood (Makanan sungai): ikan lele, belut, udang, kepiting dan keong.
  • Ayam
  • Krim, es krim dan kaldu atau kuah daging yang kental.

Selain daftar di atas, ada pula makanan yang mengandung purin karena pengolahannya, di antaranya:

  • Makanan yang mengandung ragi. Tape atau produk yang difermentasi lainnya adalah mengandung purin tinggi dari ragi.
  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, ikan sarden, daging sapi dan daging babi).
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega.

 

Daftar makanan di atas bukan berarti sama sekali tidak boleh dimakan oleh penderita penyakit asam urat. Namun disarankan untuk membatasi jumlah konsumsinya atau membatasi frekuensi memakannya. Bagi penderita asam urat, jangan khawatir, karena masih ada bahan makanan lain yang aman untuk dimakan. Sereal, roti, buah-buahan, telur, susu, teh, dan kopi boleh dikonsumsi bagi penderita asam urat. Sayuran dan buah yang tidak masuk dalam daftar di atas pun baik untuk dikonsumsi.

Selain melakukan pantangan makanan, penderita penyakit asam urat juga bisa mengatasi asam urat dengan memperbanyak minum air putih dan konsumsi vitamin C. Menurut penelitian, vitamin C dapat menurunkan kadar asam urat. Buah ceri juga bisa menjadi pilihan karena terbukti bahwa memakan buah ceri dapat menurunkan risiko serangan asam urat.

Menjalankan pantangan makanan tinggi purin dapat membantu membatasi jumlah pembentukan asam urat dan membantu pengeluarannya dari tubuh. Meskipun dalam beberapa kasus pantangan saja tidak cukup untuk menjadi satu-satunya penanganan penyakit asam urat, namun dapat membantu menurunkan jumlah serangan dan keparahan.

%d bloggers like this: