Macam-macam Penyakit Kanker

Kanker

Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang memiliki banyak sekali macam. Macam-macam penyakit kanker dibedakan berdasarkan atas beberapa kategori. Jenis kanker yang berbeda memberikan karakteristik kanker yang berbeda pula.

Kanker adalah tumor yang ganas, yang terdiri dari jaringan yang sel-selnya aktif membelah bersifat menyaingi jaringan normal. Di kalangan masyarakat umum sering digunakan istilah tumor untuk penyebutan kanker. Istilah ini digunakan mungkin untuk memberikan kesan yang lebih ringan karena pada umumnya masyarakat akan lebih takut mendengar istilah kanker daripada tumor.

Berdasarkan atas sifat biologisnya tumor dibagi menjadi 3 jenis.

  1. Tumor jinak atau benigna

Tumor ini bersifat jinak, tumbuhnya lambat, tidak merusak jaringan tubuh di sekitarnya, dan tidak menyebar ke tempat lainnya. Tumor jinak tidak berbahaya dan pada umumnya bisa disembuhkan dengan sempurna.

  1. Tumor ganas atau maligna

Tumor ganas diseput juga kanker. Tumor ganas tumbuh secara cepat, melebihi kecepatan sel tubuh normal dan bersifat merusak jaringan sekitarnya. Pada stadium lanjut, tumor ganas dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran getah bening (kelenjar limfe) atau darah dan sering menyebabkan kematian.

  1. Intermediate

Di antara tumor jinak dan ganas, ada sekelompok kecil yang mempunyai sifat gabungan ke duanya. Yaitu bersifat merusak jaringan sekitar tapi tidak menyebar ke tempat lainnya. Biasanya disebut sebagai tumor ganas berderajat rendah.

 

Macam-Macam Penyakit Kanker

 

Ada berbagai macam cara pengklasifikasian kanker. Macam-macam kanker berdasarkan bentuknya, yaitu:

* solid tumor atau tumor padat yaitu tumor yang terjadi akibat terbentuknya benjolan yang padat contohnya adalah kanker hati, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus dan lain-lain

* non solid tumor yaitu kanker yang tidak membentuk benjolan yang padat. Kanker ini terjadi pada cairan-cairan tubuh seperti darah dan getah bening. Contoh kanker darah yang paling umum adalah leukemia yaitu suatu kelainan pada sel darah putih yang berbentuk seperti bulan sabit dan limfoma yaitu kanker yang terjadi pada kelenjar getah bening (limfosit).

 

Macam-macam penyakit kanker dapat dibedakan berdasarkan asal sel pembentuknya misalnya karsinoma, sarcoma, limfoma dan lain-lain.

  1. Karsinoma, merupakan kanker yang terjadi pada jaringan epitel, seperti kulit atau jaringan yang menyelubungi organ tubuh, misalnya organ pada sistem pencernaan atau kelenjar. Contohnya meliputi kanker kulit, karsinoma serviks, karsinoma anal, kanker esofageal, karsinoma hepatoselular, kanker laringeal, hipernefroma, kanker lambung, kanker testikular dan kanker tiroid.
  2. Sarkoma, merupakan kanker yang terjadi pada tulang seperti osteosarkoma, tulang rawan seperti kondrosarkoma, jaringan otot seperti rabdomiosarcoma, jaringan adiposa, pembuluh darah dan jaringan penghantar atau pendukung lainnya.
  3. Leukemia, merupakan kanker yang terjadi akibat tidak matangnya sel darah yang berkembang di dalam sumsum tulang dan memiliki kecenderungan untuk berakumulasi di dalam sirkulasi darah
  4. Limfoma, merupakan kanker yang timbul dari nodus limfa dan jaringan dalam sistem kekebalan tubuh

 

Pada masyarakat umum, macam-macam penyakit kanker lebih dikenal berdasarkan asal tempat atau organ terjadinya kanker, seperti:

  • kanker payudara
  • kanker rahim
  • kanker leher rahim/ kanker serviks
  • kanker hati
  • kanker testis
  • kanker usus besar
  • kanker otak
  • kanker prostat
  • kanker kandung kemih
  • kanker mulut
  • kanker getah bening
  • dan lain – lain

 

Kanker juga dikelompokkan ke dalam golongan tingkat keganasan atau disebut juga stadium. Penggolongan ini timbul karena sebuah kenyataan bahwa angka kesembuhan suatu tumor ganas yang masih terbatas (stadium dini) lebih besar dari angka kesembuhan tumor ganas yang telah menyebar jauh (stadium lanjut). Penentuan derajat dan tingkat keganasan tumor ganas sangat penting karena berguna untuk perencanaan pengobatan, petunjuk dalam menentukan kemungkinan kesembuhan atau potensi perburukan, dan memudahkan dalam pertukaran informasi antar rumah sakit atau pusat pengobatan kanker lainnya.

Pada umumnya penentuan derajat keganasan (stadium) dibagi atas 4 tingkat derajat keganasan. Derajat keganasan I (rendah) sedangkan derajat keganasan IV (tinggi). Penentuan stadium (staging) suatu kanker telah dilakukan penyeragaman oleh Union Internationale Contre Le Cancer (UICC) yang merumuskan sistem TNM. T menunjukkan ukuran dan derajat invasi lokal tumor. N menunjukkan keterlibatan kelenjar getah bening regional oleh jaringan tumor. M berarti metastasis atau penyebaran tumor ke tempat lain yang jauh di dalam tubuh kemudian membentuk tumor baru.

Selain sistem TNM ada pula sistem lain yang digunakan dalam menentukan stadium (staging) kanker misalnya Okuda Staging System atau Barcelona Clinic Liver Cancer (BCLC) Staging System yang digunakan dalam menentukan stadium kanker hati.

 

 

Sumber:

Buku Ajar Patologi I (Umum)

Kanker dari wikipedia.com

%d bloggers like this: