Khasiat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Kambing adalah hewan memamah biak pertama yang diternakkan manusia. Kambing mampu bertahan hidup di daerah sulit dengan memakan dedaunan apa saja yang tersedia. Selain dimanfaatkan dagingnya, kambing ada pula yang diternakkan untuk diambil susunya. Khasiat susu kambing memang begitu banyak bahkan jika dibandingkan dengan hewan memamah biak lainnya.

Susu kambing telah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Konon Cleopatra sering mandi dengan susu kambing untuk menjaga kecantikannya. Kini, sudah banyak penelitian yang mendapatkan manfaat susu kambing untuk kesehatan. Minum susu kambing akan memberikan kita komposisi yang pas untuk vitamin dan mineral yang tubuh butuhkan.

khasiat-susu-kambing

Kelebihan Susu Kambing

  1. Sumber vitamin

Susu kambing merupakan sumber vitamin A, C, D dan B2 yang cukup tinggi. Kandungan protein dan whey nya juga sedikit lebih tinggi.

Ada sebuah penelitian yang mendapatkan bahwa anak yang diberi susu kambing memiliki bobot badan, kepadatan tulang, konsentrasi hemoglobin, vitamin A dan beberapa jenis vitamin B plasma darah yang lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang diberi susu sapi.

  1. Mengandung kalsium dan mineral lain lebih tinggi

Susu kambing mengandung kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi, sehingga susu kambing dapat menjadi asupan kalsium yang membantu mencegah pengeroposan tulang. Susu kambing mengandung 33% kalsium yang dibutuhkan manusia dalam sehari. Selain itu susu kambing juga mengandung mineral magnesium, fosfor, potassium, zink, dan selenium.

  1. Lebih mudah dicerna dan penyerapan nutrien lebih baik

Salah satu manfaat utama dari susu kambing adalah komposisi kimiawinya lebih mirip ASI dibandingkan susu sapi. Karena kemiripan ini tubuh manusia dapat lebih mudah mencerna dan menyerap mineral yang ada pada susu kambing.

Susu kambing mengandung asam lemak rantai pendek dan sedang yang lebih banyak dibandingkan susu sapi. Ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil dibandingkan dengan susu lainnya. Perbedaan ini diduga menjadi penyebab susu kambing lebih mudah dicerna.

  1. Aman untuk orang yang intoleran pada laktosa

Susu kambing sangat cocok untuk perbaikan nutrisi karena tidak memiliki masalah intoleransi laktosa. Kandungan laktosa pada susu kambing lebih sedikit dari susu sapi. Susu kambing banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi pada anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi. Sekitar 40% orang yang memiliki alergi terhadap susu sapi ternyata memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing.

Salah satu manfaat utama dari susu kambing adalah komposisi kimiawinya lebih mirip ASI dibandingkan susu sapi. 

Khasiat Susu Kambing Untuk Kesehatan

 

susu-kambing
Dalam hal kesehatan, susu kambing memiliki dampak yang sangat baik. Berbagai penelitian telah membuktikan manfaat susu kambing bagi kesehatan

  1. Mencegah penyakit jantung

Karena khasiatnya dalam menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik, susu kambing secara tidak langsung memberi dampak positif bagi kesehatan jantung. Selain itu asam lemak rantai sedang pada susu kambing juga baik untuk mencegah penyakit jantung serta membantu mengatasi masalah pada usus.

  1. Masalah pernapasan dan lainnya

Susu kambing juga berkhasiat dalam mengatasi masalah kesehatan pernapasan seperti TBC, asma, dan bronkitis. Susu kambing juga ditemukan dapat membantu mengatasi rematik.

  1. Mengatasi masalah kesehatan yang berhubungan dengan mineral

Karena mineral dalam susu kambing dapat diserap tubuh dengan lebih baik, susu kambing dapat digunakan dalam perawatan masalah kekurangan mineral seperti pengeroposan tulang dan anemia. Para ahli menyarankan bagi orang yang mengalami anemia, malabsorpsi, dan osteoporosis akan sangat terbantu dengan minum susu kambing. Gangguan pada persarafan juga dapat terbantu dengan tingginya kadar selenium dan zink pada susu kambing.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selenium pada susu kambing bermanfaat dalam fungsi kekebalan tubuh, melindungi dari penyakit dan berbagai infeksi

  1. Tumbuh kembang

Susu kambing sangat kaya akan protein, komponen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan karena protein berguna dalam penyusunan sel, jaringan, otot, dan tulang.

  1. Tampilan kulit lebih cantik

Asam lemak rantai sedang tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan jantung tapi juga kesehatan kulit. Komposisi pada susu kambing membuat kulit menjadi lebih lembut dan sehat.

Susu kambing sebagai sumber vitamin A sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dan membantu mengatasi jerawat. Asam laktat pada susu kambing menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan kulit.

 

Meskipun susu kambing masih kalah populer dibandingkan susu sapi, ternyata khasiat susu kambing jauh lebih banyak. Anda bisa menggunakan susu kambing sebagai alternatif sumber vitamin dan mineral. Selamat mengonsumsi susu kambing. []

Leave a Reply

%d bloggers like this: