Waspada! Inilah Gejala Penyakit Kanker

gejala penyakit kanker

Gejala Penyakit Kanker | freeimages.com

Kanker adalah penyakit yang memiliki gejala yang sangat banyak dan bervariasi. Gejala penyakit kanker tergantung pada lokasi kanker tersebut, seberapa besar kankernya, dan seberapa besar pengaruh sel kanker terhadap jaringan di sekitarnya. Jika kanker sudah bermetastasis atau sudah menyebar, maka gejala penyakit kanker akan muncul di beberapa area yang berbeda di tubuh.

Ketika sebuah sel kanker mulai tumbuh, sel ini dapat menekan organ di sekitarnya, pembuluh darah, atau saraf. Penekanan ini menyebabkan tanda dan gejala penyakit kanker. Jika kanker terdapat di area vital seperti berada di otak, maka meskipun ukurannya minimum, sel kanker dapat menimbulkan gejala.

Namun kadang kanker berada di tempat yang tidak menimbulkan gejala sama sekali sampai ukurannya cukup besar. Kanker pankreas misalnya, biasanya tidak menimbulkan gejala sampai ukuran kanker cukup besar untuk menekan saraf pada organ terdekat sehingga menimbulkan nyeri pada punggung atau perut. Ketika kanker pankreas menunjukkan tanda dan gejala, artinya kanker ini telah tumbuh dan menyebar ke luar pankreas.

Menemukan kanker sejak dini sangatlah penting dalam kesuksesan pengobatan. Sehingga mengenali apa saja gejala penyakit kanker sangatlah penting. Ada ratusan tipe kanker dengan gejala yang begitu bervariasi. Dalam artikel ini akan disampaikan gejala penyakit kanker yang umum muncul pada tiap kanker, juga gejala yang spesifik ada pada kanker tertentu.

 

GEJALA PENYAKIT KANKER YANG UMUM

Ada beberapa gejala yang umum muncul ketika seseorang terkena kanker. Namun bukan berarti ketika Anda merasakan gejala ini berarti Anda mengidap kanker, karena gejala-gejala ini bisa saja disebabkan oleh penyakit lainnya. Kalau Anda merasakan gejala ini dalam waktu yang lama atau cenderung memburuk, sebaiknya periksakan ke dokter.

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan

Kehilangan berat badan sekitar 5 kg tanpa penyebab yang jelas dapat menjadi tanda pertama kanker, khususnya kanker pankreas, lambung, esofagus, atau paru-paru.

Demam

Demam adalah gejala yang sangat umum terjadi pada kanker, namun biasanya demam terjadi pada tahap lanjutan dari penyakit. Jika kanker telah menyebar dari lokasi asalnya, demam biasanya terjadi. Hampir semua pasien dengan kanker akan mengalami demam, terutama jika efek penyakit kanker atau pengobatannya memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Kadang demam adalah gejala awal dari kanker darah seperti leukimia atau limfoma.

Fatigue (keletihan/kelelahan)

Fatigue adalah rasa lelah berlebihan yang tidak hilang meskipun sudah beristirahat. Gejala ini muncul ketika kanker sudah mulai tumbuh. Pada beberapa kanker yang menyebabkan perdarahan yang samar seperti pada kanker lambung dan kanker usus besar, fatigue juga mungkin timbul.

Rasa nyeri

tanda kanker serviks

Nyeri Adalah Salah Satu Gejala Kanker Serviks | wisegeek.com

Nyeri adalah gejala awal pada kanker tulang atau kanker testis. Nyeri kepala yang tidak kunjung sembuh dan tidak membaik meskipun sudah diobati bisa jadi gejala kanker otak. Nyeri punggung bisa jadi merupakan gejala kanker usus besar, rektum, atau ovarium. Umumnya nyeri yang disebabkan oleh kanker menunjukkan bahwa kanker telah menyebar ke jaringan atau organ lain.

Perubahan warna kulit

Tidak hanya kanker kulit, kanker lain juga bisa menyebabkan perubahan pada kulit dan warnanya. Perubahannya bisa bermacam-macam, antara lain:

  • Terlihat lebih gelap (hiperpigmentasi)
  • Terlihat kekuningan pada kulit dan mata (jaundice)
  • Kulit kemerahan (eritema)
  • Gatal (pruritis)
  • Tumbuh rambut berlebihan

 

Selain gejala umum yang telah disebutkan di atas, Anda juga harus waspada dengan gejala lain yang mungkin muncul yang mungkin berkaitan dengan kanker. Sekali lagi, meskipun bisa jadi ini adalah gejala dari penyakit lain, namun jika gejala ini cenderung tidak diketahui penyebabnya, berlangsung lama dan cenderung terus memburuk, segeralah periksa ke dokter.

 

GEJALA PENYAKIT KANKER YANG LEBIH SPESIFIK TERHADAP KANKER JENIS TERTENTU

Perubahan kebiasaan buang air besar atau fungsi kandung kemih

konstipasi-dan-diare-adalah-gejala-kanker

Perubahan Pola Buang Air Adalah Gejala Kanker

Konstipasi atau sulit buang air besar dalam waktu yang lama, diare, atau perubahan ukuran tinja dapat mengindikasikan kanker usus besar. Masalah dalam perkemihan misalnya rasa sakit saat berkemih, urin mengandung darah, atau perubahan fungsi kandung kemih (seperti lebih sering, jarang berkemih, sulit ditahan, atau tidak bisa dikeluarkan) dapat berkaitan dengan kanker kandung kemih atau prostat. Setiap perubahan dalam fungsi kandung kemih atau buang air besar harus dilaporkan ke dokter Anda.

Luka yang tidak bisa sembuh

Luka pada bagian tubuh yang sulit sembuh, seperti luka pada kulit, vagina, atau rongga mulut, harus segera ditangani dan tidak boleh dibiarkan. Luka di dalam mulut yang sulit tidak kunjung sembuh adalah gejala kanker mulut. Segera periksakan ke dokter terutama jika dialami oleh perokok, punya kebiasaan mengunyah tembakau, atau peminum alkohol.

Sariawan yang tidak kunjung sembuh juga harus diwaspadai. Hal yang umum jika orang memiliki sariawan ketika daya tahan tubuh menurun. Lapisan di dalam mulut akan menyembuhkan diri setiap 2 minggu, jadi jika Anda memiliki sariawan lebih dari 3 minggu segera periksa ke dokter atau dokter gigi.

Plak putih di dalam mulut atau bercak putih di lidah

Plak putih di dalam mulut atau bercak putih di lidah kemungkinan adalah leukoplakia. Leukoplakia adalah lesi pre-kanker yang disebabkan oleh iritasi yang berulang-ulang. Seringkali disebabkan oleh rokok atau penggunaan tembakau lainnya. Jika tidak ditangani dapat menyebabkan kanker mulut.

Perdarahan yang tidak biasa

Setiap perdarahan yang tidak biasa dari lubang pada tubuh mungkin merupakan tanda dan gejala kanker. Batuk darah bisa jadi merupakan tanda kanker paru-paru. Darah dalam tinja (atau tinja berwarna kehitaman atau kecoklatan) bisa jadi merupakan tanda kanker kolorektal. Pendarahan vagina yang tidak normal dapat mengindikasikan kanker rahim, ovarium, atau serviks. Keluarnya darah dari puting mungkin merupakan tanda kanker payudara.

Penebalan atau benjolan pada payudara atau bagian lain pada tubuh

Banyak kanker yang dapat dirasakan melalui permukaan kulit, khususnya pada payudara, testis, nodul kelenjar getah bening, dan jaringan lunak pada tubuh. Benjolan atau penebalan dapat menjadi tanda awal atau lanjutan kanker. Laporkan pada dokter jika Anda menemukan benjolan, terutama jika benjolan tersebut semakin membesar.

Perubahan pada payudara juga sebaiknya diperiksakan ke dokter. Perubahannya termasuk perubahan ukuran, bentuk, tekstur kulit, adanya kemerahan, nyeri, atau perubahan pada puting.

Batuk atau suara parau

Batuk yang terus berlanjut bisa jadi merupakan Tanda kanker paru-paru. Suara parau bisa jadi merupakan Tanda kanker laring (pita suara) atau kelenjar tiroid.

Gangguan pencernaan atau sulit menelan

Meskipun gangguan pencernaan umumnya disebabkan oleh faktor lain, gejala ini dapat mengindikasikan kanker esofagus, perut, atau faring (tenggorokan).

Perubahan pada bintil atau tahi lalat

Sebagian besar tahi lalat tidaklah berbahaya sepanjang hidup kita. Namun waspadalah terhadap adanya tahi lalat yang baru muncul atau perubahan pada tahi lalat yang ada. Perubahannya termasuk warna, bentuk, ukuran, berdarah, atau hilangnya batas yang jelas pada bintil atau tahi lalat. Hal ini bisa saja merupakan Tanda melanoma yang jika dapat didiagnosis lebih awal, dapat disembuhkan.

 

 

Tanda dan gejala yang disebutkan di atas adalah yang paling umum muncul pada penderita kanker. Namun masih banyak lagi gejala kanker lain yang tidak dituliskan di sini. Ketika Anda menemukan perubahan atau masalah pada tubuh Anda, terutama yang berlangsung lama dan mengalami perburukan, periksakanlah ke dokter. Jika bukan disebabkan oleh kanker, dokter mungkin dapat menemukan penyebabnya dan memberikan terapi jika diperlukan. Jika ternyata memang gejala penyakit kanker, Anda berkesempatan untuk mendapatkan pengobatannya secepat mungkin.

 

 

Bahan bacaan:

Tanda-tanda Kanker dari http://www.parkwaycancercentre.com/id/informasi-kanker/tentang-kanker/tanda-tanda-kanker/

Signs and Symptoms of Cancer dari American Cancer Society cancer[dot]org

%d bloggers like this: