Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Anda

Ginjal Sehat | news.softpedia.com

Ginjal Sehat | news.softpedia.com

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang terletak di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang. Organ yang ukurannya sebesar kepalan tangan ini perannya sangat penting bagi sistem metabolik tubuh. Karena peranannya yang besar, ginjal perlu dijaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan ginjal sebenarnya mudah dan bisa dilakukan semua orang.

Jika tidak dipelihara dengan baik, fungsi ginjal bisa menurun dan mengakibatkan komplikasi mulai dari penyakit jantung dan pembuluh darah, kerusakan saraf, hingga kerusakan kelenjar paratiroid. Ginjal yang sudah rusak akan membutuhkan perawatan dengan biaya yang banyak.

Menjaga kesehatan ginjal sejak dini bisa membantu kita menghindari berbagai penyakit ginjal dan kompilkasinya di kemudian hari. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menghindari faktor yang dapat memperbesar risiko penyakit ginjal. Melakukan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan secara umum, sekaligus menurunkan risiko penyakit ginjal.

Berikut ini adalah cara menjaga kesehatan ginjal yang dapat Anda lakukan:

1. Olahraga dan tetap beraktivitas

Lakukanlah aktivitas fisik. Aktiflah bergerak dan rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk ginjal Anda.

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan ginjal secara rutin

Pemeriksaan kesehatan umum secara rutin setelah usia 30 tahun baiknya dilakukan. Konsultasikan dengan dokter Anda dan pastikan bahwa ginjal berfungsi dengan baik. Bila Anda memiliki faktor risiko penyakit ginjal, lakukan pemeriksaan fungsi ginjal secara rutin.

3. Jaga kadar gula darah tetap stabil

Penyakit diabetes atau penyakit gula adalah salah satu faktor risiko dari penyakit ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

4. Jaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat selama lima tahun terakhir. Jika tekanan darah Anda sudah melebihi normal, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan terapi sehingga tekanan darah Anda tetap terkontrol.

5. Konsumsi makanan sehat dan jaga berat badan ideal

Makanan yang mengandung racun seperti zat pewarna sintetik dan zat pengawet dapat mengganggu kesehatan ginjal. Mengkonsumsi teh atau kopi terlalu sering dapat berpengaruh dalam pembentukan batu ginjal. Maka Anda perlu menyeimbangkannya dengan banyak meminum air putih.

6. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Mencukupi kebutuhan cairan penting artinya bagi ginjal. Kebutuhan cairan dapat dipenuhi terutama dari air putih. Mengonsumsi buah atau sayuran yang mengandung banyak air juga dapat membantu pemenuhan kebutuhan cairan Anda.

7. Hindari alkohol dan Jauhi rokok

Rokok dan alkohol telah lama diketahui dapat merusak tubuh. Bukan hanya bisa merusak ginjal namun bisa juga merusak organ dalam tubuh lainnya.

8. Jangan mengkonsumsi obat sembarangan

Obat kimia adalah zat asing yang dapat membuat beban kerja ginjal menjadi berat. Untuk itu disarankan agar tidak mengonsumsi obat sembarangan.
Itulah 8 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal. Mengingat terus meningkatnya penderita gangguan ginjal di Indonesia, kita harus waspada dengan penyakit ginjal ini. Lebih baik menjaga kesehatan ginjal dari sekarang daripada menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat. []

%d bloggers like this: