Inilah Cara Mudah Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat. Bagaimana tidak, kanker adalah salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian bagi manusia. Kebanyakan penyakit kanker diketahui setelah stadium lanjut sehingga pengobatan pun kurang efektif lagi. Karenanya melakukan langkah pencegahan adalah hal yang paling baik dilakukan untuk menghindari penyakit ini. Ada beberapa cara mencegah kanker yang dapat Anda lakukan.

Cara mencegah kanker bisa jadi berbeda antara satu jenis kanker dengan kanker lainnya. Di dunia medis pengetahuan tentang penyebab dan cara mencegah kanker pun masih terus berkembang. Walau bagaimanapun risiko terkena kanker pada seseorang dipercaya dipengaruhi oleh gaya hidupnya. Karena itu jika Anda ingin melakukan pencegahan terhadap kanker, mulailah melakukan gaya hidup sehat dari sekarang.

Ini adalah cara mencegah kanker yang sederhana tapi sangat bermakna

  1. Hindari tembakau

penyebab kanker serviks

Rokok Meningkatkan Risiko Kanker | quitsmokingcommunity.org

Menggunakan tembakau dengan berbagai cara adalah sama saja Anda bersahabat dengan penyebab kanker. Merokok diketahui menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru, mulut, laring, pankreas, kandung kemih, serviks, dan ginjal. Mengunyah tembakau dapat menyebabkan kanker pada rongga mulut dan pankreas. Bahkan meskipun Anda bukan pengguna tembakau secara aktif (misal perokok), paparan dari asap rokok juga dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker paru secara berkali lipat.

Menghindari penggunaan tembakau dan berhenti merokok adalah salah satu hal terpenting dalam mencegah kanker.

[Baca juga Penyebab Kanker lainnya]

 

  1. Makan makanan sehat

makanan sehat cara mencegah kanker

Makanan Sehat | freeimages.com

Perbanyak makan sayur dan buah. Sayur dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan membantu dalam mencegah kanker. Antioksidan banyak ditemukan pada makanan yang mengandung vitamin E, vitamin C, dan karotenoid. Contoh makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi adalah kacang-kacangan, buah berry (strawberry, blueberry, raspberry), sayuran brokoli, bawang putih, buah-buahan (apel, jeruk, anggur merah), kacang almond, dan minyak zaitun.

Hindari kegemukan, pilih makanan yang berkalori rendah dan kurangi gula serta lemak. Jangan mengonsumsi alkohol. Alkohol berakibat buruk pada kesehatan serta meningkatkan berbagai risiko kanker seperti kanker payudara, kolon (usus besar), paru, ginjal, dan hati.

[Baca juga Makanan Penyebab Kanker]

 

  1. Pertahankan berat badan ideal dan olahraga

cara mencegah kanker

Lakukan aktivitas fisik untuk mencegah kanker | freeimages.com

 

Mempertahankan berat badan ideal dapat menurunkan risiko berbagai kanker seperti kanker payudara, prostat, paru, kolon, dan ginjal. Olahraga atau melakukan aktivitas fisik selain dapat membantu menjaga berat badan juga sekaligus menurunkan risiko kanker payudara dan kolon.

Melakukan aktivitas fisik memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan olahraga 150 menit dalam seminggu untuk olahraga sedang atau 75 menit untuk olahraga berat (misalnya aerobik). Atau Anda dapat mengkombinasikan latihan sedang dan berat ini. Melakukan aktivitas fisik rutin 30 menit setiap hari juga baik untuk kesehatan.

 

  1. Hindari paparan sinar matahari langsung

cara mencegah kanker

Hindari sinar matahari langsung | freeimages.com

Kanker kulit adalah kanker yang paling banyak disebabkan oleh paparan sinar UV. Kanker ini sesungguhnya dapat dicegah dengan mudah. Caranya adalah hindari sinar matahari pada tengah hari yaitu sekitar jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Pada jam tersebut biasanya matahari memancarkan sinar yang kuat dari jam-jam lainnya.

Usahakan berada di tempat yang teduh atau terhalang dari matahari langsung. Ketika Anda berada di luar ruangan, usahakan sebanyak mungkin berada di tempat yang teduh. Sebaiknya menggunakan cream atau menggunakan topi atau payung. Tutupi area yang terbuka dengan pakaian.

Beberapa ahli mengatakan terkena matahari secara langsung dalam kurun waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit berupa keriput dan warna kulit menjadi menguning. Selain itu sinar matahari dapat menipiskan kulit dan memicu prakanker bagi kulit. Gunakanlah sunscreen pada kulit untuk mencegah hal ini.

 

  1. Melakukan imunisasi atau vaksinasi

Pemberian Vaksin kanker serviks

Pemberian Vaksin | ahchealthenws.com

Ada beberapa kanker yang disebabkan atau dipicu oleh infeksi virus. Oleh karena itu imunisasi bisa dilakukan sebagai salah satu cara mencegah kanker.

Vaksin hepatitis. Orang yang pernah terkena penyakit hepatitis B atau C memiliki risiko terkena kanker hati yang lebih tinggi. Orang-orang yang berisiko terkena virus hepatitis atau anak-anak, sangat direkomendasikan untuk mendapatkan imunisasi hepatitis. Vaksin dapat diberikan sejak bayi.

Vaksin HPV. Human Papillomavirus (HPV) adalah virus yang ditularkan melalui hubungan seksual yang dapat menyebabkan kanker serviks atau kanker kelamin lainnya. Sebagian besar kasus kanker serviks disebabkan oleh virus ini. Salah satu pencegahan kanker serviks (dan penyakit infeksi menular seksual lain yang disebabkan oleh HPV) adalah dengan vaksinasi. Vaksin HPV dapat diberikan sejak usia remaja.

 

  1. Hindari perilaku yang berisiko

Cara lain dalam mencegah kanker adalah dengan menghindari perilaku yang dapat membuat Anda terkena infeksi yang dapat menyebabkan kanker. Contohnya adalah melakukan seks bebas atau berganti-ganti pasangan. Perilaku ini dapat membuat Anda terkena infeksi menular seksual seperti HIV dan HPV. Penderita aids memiliki risiko lebih tinggi terhadap kanker anus, hati, dan paru. Sementara HPV (human papilloma virus) adalah penyebab utama dari kanker serviks dan penyakit kelamin lainnya.

Jangan menggunakan jarum suntik secara bergantian. Pengguna narkoba dengan jarum suntik (penasun) seringkali melakukan hal ini. Akibatnya mereka terinfeksi hepatitis atau HIV. HIV menyebabkan penyakit aids sementara hepatitis meningkatkan risiko kanker hati. Berhenti dari kebiasaan menggunakan narkoba, carilah bantuan tenaga profesional.

 

  1. Lakukan skrining atau deteksi dini secara rutin

gejala penyakit kanker

Skrining Test | freeimages.com

Skrining atau deteksi dini kanker sangat direkomendasikan. Sebenarnya ini bukan cara mencegah kanker menjangkiti Anda, tapi dengan deteksi dini atau skrining, kanker akan lebih cepat ditemukan. Hal ini adalah cara mencegah kanker berkembang ke arah yang lebih buruk.

Semakin dini kanker ditemukan, maka pengobatan yang dilakukan akan lebih efektif. Kanker yang telah diobati sejak stadium awal memiliki tingkat kesembuhan yang lebih besar, bahkan bisa menghilangkan penyakit kanker secara total dari tubuh.

Beberapa contoh deteksi dini kanker diantaranya pemeriksaan pap smear untuk kanker serviks, mammografi untuk kanker payudara, kolonoskopi untuk kanker kolon (usus besar), dan USG abdomen untuk kanker hati.

 

  1. Berdoa agar terhindar dari kanker

Segala penyakit tidak terlepas dari kuasa dan takdir Tuhan Yang Mahakuasa. Berdoalah agar Anda senantiasa diberi kesehatan dan dihindarkan dari penyakit kanker.

 

Lakukan pencegahan kanker ini mulai dari sekarang. Mulailah dari hal-hal yang sederhana dan mudah. Melakukan gaya hidup sehat adalah salah satu cara bersyukur pada Tuhan atas nikmat kesehatan yang telah diberikan. Lakukan sekarang dan nikmati manfaatnya kemudian.

 

Sumber:

Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk dari mayoclinic[dot]org

%d bloggers like this: