Aneka Sayur dan Buah Obat Kanker

Buah Dapat Bermanfaat Sebagai Obat Kanker

Buah Dapat Bermanfaat Sebagai Obat Kanker

 

Hal yang paling mudah dilakukan seseorang dalam perjuangannya melawan kanker adalah mengatur asupan makanannya. Ada zat makanan tertentu yang bermanfaat dalam memerangi sel kanker. Penelitian menemukan bahwa diet dan aktivitas fisik dapat meningkatkan angka kelangsungan hidup dan mencegah kanker kambuh kembali. Ada beberapa sayuran dan buah yang mengandung zat aktif melawan kanker. Secara sederhana bisa dikatakan sebagai sayuran dan buah obat kanker.

Banyak penelitian yang menemukan bahwa makanan mentah (tidak dimasak) membantu dalam melawan penyakit termasuk kanker. Sayuran dan buah membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, banyak buah dan sayuran yang mengandung nutrien yang mampu membunuh sel kanker atau mengendalikan penyebarannya.

Berikut ini adalah list bahan makanan yang dapat membantu mengobati kanker

  1. Berri
buah obat kanker

Buah Berri Sebagai Obat Kanker | gmtoday.com

Segala jenis berri (seperti raspberri, blueberri, blackberri, dan strawberri) memiliki zat melawan kanker. Berri mengandung asam ellagic (terutama raspberi hitam) yang cukup tinggi yang bermanfaat dalam menghambat perkembangan tumor. Selain itu berbagai tipe berri mengandung antioksidan; vitamin C dan vitamin E yang membantu tubuh dalam perlindungan melawan kanker dan penyakit kronik. Nutrien anti kanker yang terkandung dalam buah berri di antaranya adalah vitamin C, serat, asam ellagic, vitamin A, folat, dan flavonoid. Berri membantu melawan kanker kolon, esofagus, mulut, dan kulit.

  1. Tomat

tomat-termasuk-buah-obat-kanker

Mengandung lycopene, karotenoid yang memberi warna merah pada tomat. Lycopene membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker endometrium. Membantu melawan kanker endometrium, paru, prostat, dan lambung. Gunakanlah buat tomat segar organik. Karena tomat kalengan justru dapat menjadi penyebab kanker.

  1. Wortel
wortel-buah-obat-kanker

Beta Karoten dan Pectin Pada Wortel Membantu Melawan Kanker | pixabay.com

Bersama dengan aprikot, paprika, dan labu, wortel mengandung karotenoid antikanker seperi beta karoten. Beta karoten juga diubah menjadi vitamin A ketika dibutuhkan oleh tubuh. Bisa dikonsumsi dengan membuat jus wortel. Wortel mentah juga kaya akan pectin. Di usus besar, mikroorganisme usus akan mengurai pectin dan melepaskan asam lemak rantai pendek yang sangat baik untuk kesehatan (memberi efek probiotik).

  1. Bit

Buah Bit | spiritstate.com.au

Buah bit, ceri, plum, dan anggur merah-juga buah dan sayur lain yang berwarna keunguan mengandung antosianin (kadang juga resveratrol). Antosianin terbukti membunuh sel kanker. Reservatrol terbukti berperan dalam melawan kanker jenis tertentu seperti kanker darah dan kanker otak.

  1. Bawang putih
bawang putih dapat menjadi obat kanker

Bawang Putih | freeimages.com

Bawang putih adalah makanan yang sangat menakjubkan. Kandungan aktifnya seperti allicin membantu menghentikan penyebaran kanker dengan berbagai cara, salah satunya dengan menghentikan suplai darah ke sel kanker. Bawang putih juga membunuh bakteri dan jamur di dalam tubuh. Bawang putih memiliki efek anti radang. Kandungan zak atifnya seperti selenium dan triptofan bermanfaat melawan sel kanker. Zat dalam bawang putih menghancurkan senyawa nitrosamin dalam salurang pencernaan. Nitrosamin diketahui sebagai senyawa kimia yang dihasilkan dari bahan pengawet makanan yang dapat menyebabkan kanker kolon.

2-3 siung bawang putih sehari akan melindungi kesehatan anda.

  1. Paprika merah dan kuning
paprika buah obat kanker

Paripka Dapat Melawan Kanker | freeimages.com

Paprika merah dan kuning adalah sumber vitamin C yang sangat baik, bahkan lebih baik dari jeruk. Vitamin c meningkatkan sel kekebalan tubuh dan menetralisir racun. Sumber vitamin C lainnya adalah brokoli, pepaya, buah berri, dan ceri. Paprika juga sumber karotenoid.

  1. Jamur
jamur-obat-kanker

Shiitake

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa beberapa jamur dapat dijadikan obat alami yang meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan kanker seperti jamur shiitake, maitake, dan cordyceps.

  1. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari mengandung mineral zinc (seng) yang tinggi dan vitamin e. Zinc membantu vitamin c dalam mempercepat penyembuhan. Jangan dimakan berdekatan dengan minum susu, karena susu dapat menghambat penyerapan zinc. Biji bunga matahari jugamengandung selenium, agen antikanker yang sangat potensial.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan asam folat. Zat ini membantu replikasi dna dan melindunginya selama radioterapi (terapi pengobatan kanker menggunakan sinar radioaktif). Asam folat, biotin, niasin, dan vitamin B6 adalah jenis vitamin B yang membantu melawan kanker. Sumber lainnya adalah kuning telur dan padi-padian.

Sayuran hijau dan benih kecambah adalah sumber sulforaphanes, zat yang terbukti membantu pertahanan hidup penderita kanker kolorektal. Makanan berwarna hijau meningkatkan kadar alkali tubuh. Kadar alkali penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan terbukti menghentikan penyebaran kanker.

  1. Brokoli
buah obat kanker

Brokoli Obat Kanker | wisegeek.com

Seperti halnya sayuran dari famili cruciferae lainnya seperti kembang kol dan kubis, brokoli mengandung serat yang membantu mengeluarkan toksin. Serat brokoli membantu bakteri-bakteri baik di dalam usus dan memperbaiki kerusakan dalam usus.

Brokoli mengandung cukup sulforaphane, zat yang dapat meningkatkan enzim yang melindungi tubuh dan mengeluarkan zat kimia penyebab kanker. Brokoli juga membantu dalam melawan kanker yang dipengaruhi oleh estrogen seperti kanker payudara, prostat, otak, dan kolorektal.

  1. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung rantai panjang omega-3, sebuah zat anti radang yang membantu penyembuhan radang dalam tubuh. Minyak ikan juga mengandung vitamin a yang sangat baik dalam melawan kanker. Minyak ikan dihubungkan dengan penurunan kanker prostat, payudara, dan usus besar. Penelitian juga mendapatkan bahwa minyak ikan membantu mengatasi kakeksia ketika pasien menjalani kemoterapi.

  1. Polong-polongan/kacang-kacangan
kacang obat kanker

Kacang-kacangan Dapat Melawan Kanker | freeimages.com

Kedelai, kacang polong, buncis, kacang chickpea, dan jenis kacang-kacangan lain adalah sumber serat dan protein yang sangat baik dari golongan tumbuhan. Selain itu polong-polongan juga kaya akan mineral seperti zat besi, zinc, dan fosfor. Juga sebagai sumber folat dan vitamin B. Kacang-kacangan sangat baik untuk kesehatan. Kacang-kacangan membantu melawan kanker kolon dan payudara.

  1. Teh hijau

Tiga gelas teh hijau per hari membantu menetralisir radikal bebas. Bahkan menurut Mayo Clinic berdasarkan penelitian 3-5 gelas teh hijau perhari dapat menghentikan pertumbuhan beberapa jenis kanker tertentu.

 

Mengatasi kanker dengan mengontrol diet sangatlah baik. Namun, sebaiknya janganlah mengobati kanker hanya dengan sayuran dan tumbuhan. Cara ini harus dikombinasikan dengan penanganan kanker lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Semoga bermanfaat.

 

Sumber:
12 foods to fight cancer dari www[dot]canceractive[dot]com

6 cancer-fighting superfoods dari www[dot]health[dot]com

%d bloggers like this: