Bahaya Duduk Lama Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda membayangkan kalau kursi ternyata menjadi salah satu benda paling berbahaya bagi kesehatan?

bahaya-duduk-untuk-kesehatan

Banyak penelitian menemukan bahwa duduk dalam waktu yang lama berhubugan dengan berbagai masalah kesehatan. Di antaranya adalah obesitas, gangguan metabolik, peningkatan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta kematian dini.

Hubungan antara duduk dan penyakit pertama muncul pada tahun 50an ketika penelitian menemukan supir bus di London sekitar dua kali lebih banyak mengalami serangan jantung dibandingkan dengan kondektur (rekan kerjanya). Penelitian mengenai hal ini semakin banyak dalam tahun-tahun belakangan karena semakin melonjaknya gaya hidup kurang gerak di masa sekarang.

Duduk dalam waktu lama memperlambat metabolisme tubuh. Hal ini berpengaruh pada kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula dan tekanan darah serta metabolisme lemak. Professor Biddle, peneliti di bidang aktivitas fisik dan kesehatan mengatakan, pada dasarnya tubuh mengalami “shutting down” ketika duduk dan ketika itu aktivitas otot sangat sedikit.

Jika bersama dengan obesitas, duduk lama dikatakan sebagai rokok baru karena dapat meningkatkan risiko kanker paru lebih dari 50 persen. Siapa yang menyangka kalau duduk bisa lebih berbahaya dari perokok pasif? Bahkan meskipun Anda olahraga rutin dan relatif sehat, duduk dalam jangka waktu lama tetap berbahaya. Olahraga tidak dapat memperbaiki kerusakan yang dibuat dari duduk berjam-jam setiap hari, seperti halnya olahraga tidak dapat memperbaiki kerusakan yang dibuat dari kebiasaan merokok. Namun jika Anda tidak berolahraga, maka makin berat kerusakan yang diakibatkan.

Sebuah penelitian membandingkan orang dewasa yang menghabiskan waktu kurang dari 2 jam di depan TV atau hiburan lainnya dengan orang yang menghabiskan lebih dari 4 jam, yang didapatkan adalah

  • 50% peningkatan risiko kematian dengan sebab apapun
  • Sekitar 125% peningkatan risiko kasus penyakit jantung dan pembuluh darah seperti angina (nyeri dada) dan serangan jantung

(Peningkatan risiko ini dipisahkan dengan faktor risiko lain seperti merokok dan hipertensi)

bekerja-duduk-berbahaya-untuk-kesehatan

Masalahnya tidak hanya duduk di depan TV tapi apapun alasan duduk berjam-jam misalnya kerja di belakang meja atau mengemudi. Penemuan mengkhawatirkan lainnya adalah meskipun orang tsb sudah menghabiskan waktunya beberapa jam di gym atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya, tidak mengurangi risiko penyakit-penyakit tadi secara signifikan.

[baca juga daftar penyakit akibat duduk terlalu lama]

 

Jadi bagaimana solusinya?

Solusinya hanyalah kurangi duduk dan perbanyak bergerak. Berdirilah sebanyak mungkin. Solusi ini bisa dimulai dengan memilih berdiri daripada duduk kapanpun ada kesempatan.

Contohnya berdirilah ketika berbicara di telepon. Gunakan “standing desk” atau meja tinggi. Jauhkan tempat sampah dari meja kerja sehingga Anda perlu berjalan untuk membuang sampah.

Pastikan bahwa anda berdiri tiap jangka waktu tertentu ketika bekerja. Jika Anda telah duduk selama satu jam, berarti Anda telah duduk terlalu lama. Hindarilah duduk lebih dari 50 menit setiap jamnya. Para ahli menyarankan untuk break dan melakukan aktivitas fisik setiap 30 menit waktu duduk.

Menjauh dari kursi adalah salah satu cara sederhana dalam memulai gaya hidup sehat. Ketika kita terbiasa dengan aktivitas fisik level rendah, kita akan lebih termotivasi untuk memulai aktivitas yang lebih berat. Untuk mengurangi risiko penyakit akibat kurang gerak, para ahli menyarankan untuk olahraga secara rutin. Minimal 150 menit dalam seminggu dan kurangi waktu duduk.

Saat ini belum ditemukan bukti yang cukup untuk menentukan batasan waktu berapa lama seseorang duduk dalam sehari. Namun di beberapa negara seperti Australia, Amerika, dan Finlandia telah memberikan rekomendasi batasan waktu anak-anak di depan layar seperti TV dan video game hanya 1-2 jam sehari. Penelitian terbaru menyarankan olahraga minimal 60 menit sehari dapat mengimbangi efek duduk lama sepanjang hari itu.

Semakin sedikit Anda duduk atau berbaring dalam sehari, semakin baik kesempatan Anda untuk hidup sehat. Jika Anda berdiri atau bergerak sepanjang hari, Anda memiliki risiko kematian dini lebih kecil  daripada Anda duduk di belakang meja.

 

 

 

Sumber bacaan

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/the-dangers-of-sitting

https://www.nhs.uk/Livewell/fitness/Pages/sitting-and-sedentary-behaviour-are-bad-for-your-health.aspx

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/expert-answers/sitting/faq-20058005

Leave a Reply

%d bloggers like this: