11 Cara Menjaga Kesehatan Jantung

Berbagai macam penyakit jantung jika digabungkan adalah penyebab paling tinggi kematian di seluruh dunia. Selain menyebabkan kematian, penyakit jantung juga merupakan alasan terbanyak orang menjalani perawatan di rumah sakit. Padahal penyakit jantung bisa dicegah dengan cara menjaga kesehatan jantung.

Kesehatan jantung manusia pada masa kini memang merupakan masalah yang umum baik di negara maju maupun berkembang. Perkembangan teknologi justru membuat gaya hidup manusia kurang bergerak. Adanya lift dalam membantu orang naik ke lantai yang lebih tinggi, adanya remote control untuk mengoperasikan berbagai peralatan elektronik, dan banyak lagi buah kemajuan teknologi lainnya yang membantu pekerjaan manusia. Namun di sisi lain, karena kemudahan tersebut, orang jadi tidak perlu lagi banyak bergerak yang akibatnya buruk sekali untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya kurangnya aktivitas dan gerak yang buruk bagi kesehatan jantung. Ada lagi faktor lain seperti rokok dan asupan makanan. Hampir seluruhnya berhubungan dengan gaya hidup. Maka cara menjaga kesehatan jantung sesungguhnya sangat mudah, yakni ubahlah gaya hidup menjadi gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup sehat membuat jantung kita jadi lebih sehat.

Berikut 11 cara menjaga kesehatan jantung.

  1. Berhenti merokok

Jika Anda adalah perokok, berhenti sekarang. Ini adalah cara terbaik yang dapat dilakukan untuk kesehatan jantung. Rokok adalah salah satu penyebab utama dalam penyakit jantung koroner. Setelah seseorang berhenti merokok selama setahun, risiko serangan jantung akan berkurang setengahnya dibandingkan perokok.

 

  1. Lakukan aktivitas fisik dan olahraga

Melakukan aktivitas fisik seperti olahraga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu olahraga juga baik dalam memperbaiki mood dan mengurangi stres. Olahraga dapat mengurangi tekanan darah sehingga baik dilakukan untuk penderita hipertensi.

Tidak pernah ada kata terlambat jika Anda ingin memulai berolahraga dan mendapatkan manfaatnya. Lakukanlah latihan sedang-aerobik selama 150 menit dalam seminggu. Bagilah latihan ini dalam 30 menit selama 5 hari dalam seminggu. Pilihlah aktivitas yang membuat Anda bergerak jika memungkinkan, misalnya naik tangga ketimbang menggunakan lift. Selain itu, penting juga untuk mengurangi waktu duduk Anda. Duduk dalam waktu yang lama setiap harinya sangat berbahaya bagi kesehatan jantung dan kesehatan tubuh secara umum. Kurangi waktu duduk atau jeda aktivitas duduk Anda dengan berdiri dan melakukan peregangan setiap 30 menit sekali.

 

[baca juga bahaya duduk berjam-jam bagi kesehatan]

 

  1. Kontrol berat badan

Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Pertahankanlah diet sehat yakni mengonsumsi makanan sehat seperti rendah kalori dan gula. Perbanyak makan sayur dan buah serta tidak lupa aktivitas fisik secara rutin.

cara-menjaga-kesehatan-jantung

  1. Kontrol tekanan darah, kadar kolesterol dan gula.

Kolesterol adalah zat lemak dalam tubuh. Tubuh kita membutuhan kolesterol tapi kolesterol baik dan jumlah yang seimbang. Kelebihan kolesterol dapat memicu serangan jantung dan stroke. Begitupun dengan gula darah. Kadar gula dalam darah dibutuhkan untuk diubah menjadi energi tapi kadar yang terlalu tinggi akan membahayakan.

kontrol-gula-menjaga-kesehatan-jantung

[baca juga cara menurunkan kolesterol]

Kadar tekanan darah biasanya tidak dapat dirasakan. Tapi jika tekanan darah Anda sudah terlalu tinggi, akan muncul ketidaknyamanan pada tubuh seperti pusing atau rasa kaku di tengkuk. Tekanan darah tinggi perlu dikontrol karena menimbulkan risiko gangguan jantung lainnya dan serangan stroke.

 

  1. Makan makanan tinggi serat

Makan makanan (diet) tinggi serat dapat menurunan risiko penyakit jantung. Makan serat dari sumber yang bervariasi misalnya gandum, oat, sereal, kentang yang tidak dikupas, serta buah dan sayuran.

 

  1. Hindari lemak jenuh

Makan makanan yang mengandung lemak jenuh akan meningkatan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung. Pilihlah jenis makanan yang mengandung lemak sedikit.

  1. Kurangi garam

Untuk menjaga kestabilan tekanan darah, hindari penggunaan garam berlebihan. Tipsnya bisa dengan menghindari meletakkan garam di meja makan dan mengurangi garam pada masakan. Ketika kita sudah terbiasa dengan makanan yang kurang asin, maka lidahpun akan beradaptasi dengan rasa itu. Sehingga kita akan terbiasa dengan makanan rendah garam seterusnya.

Perhatikan makanan cepat saji atau makanan matang yang Anda beli, bacalah kemasannya. Orang dewasa sebaiknya mengonsumsi garam (sodium) kurang dai 6 gram sehari, yaitu sekitar satu sendok teh.

 

  1. Konsumsi ikan

Makanlah ikan minimal dua kali seminggu termasuk minyak ikan. Pilih ikan dengan kadar omega 3 yang tinggi seperti makarel, sarden, tuna, dan salmon.

 

  1. Hindari alkohol

 

  1. Perhatikan label makanan

Ketika Anda belanja makanan dalam kemasan, perhatikanlah labelnya dan cek berapa banyak lemak, gula, dan garam (sodium) yang terkandung. Lalu pertimbangkan apakah kandungan itu sehat untuk Anda konsumsi.

 

  1. Perhatikan kesehatan mental

Orang-orang yang mengalami depresi memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar. Memiliki orang-orang di sekitar seperti keluarga dan teman dapat membantu kehidupan sosial. Jika Anda merasakan sedih atau tertekan lebih dari 2 minggu, segeralah mencari bantuan seperti dokter, keluarga, atau teman yang Anda kenal dengan baik.

Sumber tulisan menjaga kesehatan jantung

Memiliki jantung yang sehat adalah dambaan setiap orang. Penyakit jantung dapat mengurangi produktivitas dan kualitas hidup penderitanya. Ubah gaya hidup Anda sekarang menjadi gaya hidup yang lebih sehat adalah cara menjaga kesehatan jantung yang utama. Jangan tunggu sampai terlambat, memulainya sekarang akan jauh lebih baik ketimbang menunda. Semoga bermanfaat. []

No Responses

  1. Pingback: Penyakit Gagal Jantung October 30, 2018

Add Comment